4G Tahap Dua XL Sambangi Bandung Sebelum ke Jakarta

Kompas.com - 16/10/2015, 15:55 WIB
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (XL) dalam waktu dekat ini membuka akses komersil untuk 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di dua kota baru. Rencananya, kota tersebut adalah Bandung dan Jakarta.

Menurut jadwal penataan frekuensi, Bandung akan ditata pada 28 Oktober sampai 4 November mendatang. Sehingga setelah selesai dapat dibuka untuk layanan internet cepat komersil.

"4G LTE XL (1800 MHz) sudah di Lombok, Bali, Surabaya. selanjutnya kami akan launching di Bandung sekitar awal November," Chief Executive Officer (CEO) XL Axiata Dian Siswarini menerangkan saat ditemui KompasTekno usai acara Ulang Tahun XL Axiata ke 19 di Grha XL, Jumat (16/10/2015).

Setelah Bandung, rencana selanjutnya adalah membuka 4G LTE komersil di Jakarta. Namun untuk bisa melakukan ini XL mesti menunggu penataan selesai seluruhnya, karena Jakarta merupakan kota terakhir dalam jadwal.

Penataan frekuensi 1.800 MHz di Jakarta, bila sesuai dengan jadwal, akan dilakukan pada 18 sampai 23 November 2015 mendatang.

Kendati penataan frekuensi tersebut sudah selesai seluruhnya, Dian memberi catatan bahwa XL hanya akan menggelar 4G LTE komersil di wilayah tertentu saja. Pertimbangannya adalah banyak atau tidaknya calon pengguna dan penetrasi perangkat 4G di kota tersebut.

"Kami sejalan dengan kalender pemerintah, tapi penggelaran 4G LTE kami pilih area yang sesuai saja, tidak di semua kota," ujar Dian.

"Karena potensi 4G LTE di setiap kota tidak sama dan penyebaran handset 4G tidak merata. Komitmen kami adalah, kalau di daerah tersebut ada 4G, maka kami akan berikan yang terbaik," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.