Kompas.com - 17/10/2015, 10:52 WIB
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Menonton film atau mendengarkan musik di ponsel sudah lumrah dilakukan orang. Sebagian dari mereka bahkan mencari ponsel dengan kualitas suara paling jernih untuk menikmati kedua hal itu.

Umumnya ponsel terkini memang menawarkan kualitas suara MP3 atau CD dengan kedalaman 16 bit dan berada di frekuensi 44,1-48 kHz. Audio jadi terdengar bagus.

Hanya, peningkatan kualitas itu tidak mencerminkan keaslian suara rekaman yang orisinil atau mendekati aslinya. Terlebih, jika ponsel dipasang atau ditambah peranti dengar, seperti headset, headphone atau speaker.

Beruntungnya, pengguna ponsel kini dapat menikmati kualitas suara terbaik dengan teknologi Ultra High-Quality Audio (UHQA). Kualitas suara UHQA ada pada kedalaman 24 bit dan frekuensi 96-192 kHz.

Ya, dengan UHQA audio musik atau film yang Anda nikmati akan terdengar lebih kaya karena terjadi penyesuaian equaliser dan spatial effect secara real-time. Itu artinya, kombinasi nada secara otomatis berubah menghasilkan lantunan lebih jernih, makin mendekati aslinya.

Layaknya televisi 4K dengan tayangan beresolusi 3840x2160 yang menyajikan kerapatan gambar secara rinci dan ketajaman warna seperti subyek aslinya. Apalagi, UHQA dapat merekonstruksi suara seperti rekaman orisinilnya.

Saat ini, salah satu gadget pembawa kejernihan suara UHQA itu adalah Samsung Galaxy Note 5. Anda hanya perlu mengaktifkan UHQ Upscaler pada pengaturan audio pada smartphone ini, kualitas suara pun akan terdengar lebih baik tanpa mengubah ukuran dokumennya. Teknologi ini juga tetap dapat digunakan, meskipun Anda sedang memakai pemutar musik, seperti Pandora dan Spotify.

Tak hanya itu. UHQA juga mampu menganalisa dan merekonstruksi distorsi suara pada rekaman audio atau video Anda. Maka, jangan kaget, jika dengan UHQA ponsel Anda terdengar lebih "lantang"!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.