Kompas.com - 17/10/2015, 16:49 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Asus menyediakan pembuka kunci "bootloader" resmi, khusus untuk smartphone ZenFone 2. Dengan disediakannya aplikasi tersebut, pengguna diberikan kebebasan untuk mengoprek Android dan menginstalasi custom ROM di smartphone populer Asus ini.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan "bootloader" resmi itu, sebaiknya perhatikan beberapa catatan berikut ini.

Proses "bootloader" ini sangat berisiko dan sifatnya tidak reversible. Artinya, software perangkat tidak bisa dikembalikan ke versi locked seperti semula lagi.

Selain itu, garansi perangkat akan hangus alias tidak berlaku lagi.

"Produk Revised (yang sudah menggunakan aplikasi "bootloader") tidak lagi dilindungi garansi seperti produk original," tulis Asus dalam situs resminya, sebagaimana KompasTekno rangkum, Kamis (15/10/2015).

Satu pengingat lainnya, jika pengguna sudah menggunakan custom ROM di ZenFone 2, tidak akan mendapatkan update software lagi dari Asus. Tentunya, risiko smartphone nge-brick atau smartphone tidak mau masuk ke sistem juga masih ada.

"Sangat disarankan untuk menghindari aplikasi ini sampai Anda benar-benar mengerti dan menerima risiko yang mungkin muncul," lanjut Asus.

Jika sudah memahami risiko yang ada, pengguna bisa langsung menuju tautan berikut ini untuk mengunduh bootloader.

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, pastikan terlebih dulu, ZenFone 2 ada di firmware versi 2.20.40.59 atau lebih baru. Setelah itu, jalankan aplikasi bootloader tersebut, sama seperti menginstalasi aplikasi pada umumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Asus


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.