Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, YouTube Gaming Makin Mirip "Twitch"

Kompas.com - 18/10/2015, 07:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - YouTube mulai fokus ke ranah game dengan menelurkan "YouTube Gaming" pada akhir Agustus 2015. Kini, untuk pertama kalinya fitur live-stream untuk game tersebut diperbarui.

Tampaknya Youtube ingin menjadi kompetitor kuat layanan video game Twitch. Dilansir KompasTekno, Sabtu (17/10/2015) dari Techcrunch, kini para video streamers (orang yang merekam dan mempublikasikan dirinya tengah bermain game) bisa disponsori oleh para idolanya.

Hal ini sama persis dengan fitur kemitraan di Twitch. Sponsor tersebut merupakan bentuk dukungan langsung bagi para video streamers . Imbalannya, sponsor bisa mendapat badge spesial dan perlakuan-perlakuan khusus lainnya. 

Harganya 3,99 dollar AS atau sekitar Rp 54.000. Angka itu lebih murah ketimbang Twitch yang mematok 4.99 dollar AS atau sekitar Rp 67.000.

Saat ini, Twitch sudah memiliki 12.000 sponsor dan 1,7 juta video streamers pada layanannya. Sementara itu, YouTube baru mau memulai inisiasi yang sama.

YouTube mengatakan, sejauh ini netizen telah menonton 144 miliar menit video game terekam di layanannya. Angka itu cukup masif. Pun begitu, belum bisa diketahui perbandingan tingkat ketertarikan netizen yang lebih spesifik. 

Apakah netizen lebih tertarik menonton video game dengan cara tradisional lewat YouTube? Atau netizen akan semakin gencar menonton video game live-streaming lewat YouTube Gaming?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com