Diperbarui, YouTube Gaming Makin Mirip "Twitch"

Kompas.com - 18/10/2015, 07:51 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - YouTube mulai fokus ke ranah game dengan menelurkan "YouTube Gaming" pada akhir Agustus 2015. Kini, untuk pertama kalinya fitur live-stream untuk game tersebut diperbarui.

Tampaknya Youtube ingin menjadi kompetitor kuat layanan video game Twitch. Dilansir KompasTekno, Sabtu (17/10/2015) dari Techcrunch, kini para video streamers (orang yang merekam dan mempublikasikan dirinya tengah bermain game) bisa disponsori oleh para idolanya.

Hal ini sama persis dengan fitur kemitraan di Twitch. Sponsor tersebut merupakan bentuk dukungan langsung bagi para video streamers . Imbalannya, sponsor bisa mendapat badge spesial dan perlakuan-perlakuan khusus lainnya. 

Harganya 3,99 dollar AS atau sekitar Rp 54.000. Angka itu lebih murah ketimbang Twitch yang mematok 4.99 dollar AS atau sekitar Rp 67.000.

Saat ini, Twitch sudah memiliki 12.000 sponsor dan 1,7 juta video streamers pada layanannya. Sementara itu, YouTube baru mau memulai inisiasi yang sama.

YouTube mengatakan, sejauh ini netizen telah menonton 144 miliar menit video game terekam di layanannya. Angka itu cukup masif. Pun begitu, belum bisa diketahui perbandingan tingkat ketertarikan netizen yang lebih spesifik. 

Apakah netizen lebih tertarik menonton video game dengan cara tradisional lewat YouTube? Atau netizen akan semakin gencar menonton video game live-streaming lewat YouTube Gaming?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.