Super Mahal, Laptop Perdana Microsoft Pesaing MacBook Pro

Kompas.com - 20/10/2015, 11:14 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Awal bulan ini, Microsoft menggelar acara tahunannya di New York, AS. Salah satu produk andalan yang diperkenalkan adalah Surface Book. Perangkat ini merupakan laptop pertama yang sepenuhnya dibuat oleh Microsoft.

Laptop hybrid 13,5 inci tersebut dikemas dengan spesifikasi mumpuni. Di antaranya tampilan layar sentuh beresolusi 3000 x 2000 dengan kerapatan 267 ppi, sistem operasi Windows 10 Pro, prosesor Intel Core-i7,dan kamera depan 8 megapiksel.

Adapun kapasitas RAM yang digunakan 16 GB dan kapasitas memori SSD 1 TB. Setidaknya itulah spesifikasi dari varian Surface Book yang paling unggul, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Selasa (20/10/2015).

Untuk kemampuan selengkap itu, Surface Pro dibanderol dengan harga 3199 dollar AS atau setara Rp 43,2 jutaan. Harga itu bisa dibilang mahal untuk sebuah laptop. Meski bisa disebut wajar karena varian tersebut dibekali SSD 1 TB.

Surface Pro memang hanya ingin berkompetisi dengan Apple MacBook Pro. Pasalnya, semua spesifikasi yang menyusun laptop, ditambah harga yang dipatok, hanya bisa bersaing dengan pasar yang juga disasar MacBook.

Selain varian Surface Book SSD 1 TB, ada dua varian lain yang ditawarkan. Yang paling murah dibanderol dengan harga 1499 dollar AS atau setara Rp 20,2 jutaan.

Varian tersebut masih menggunakan prosesor Intel Core i5, RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan SSD 128 GB.

Varian menengah dibanderol dengan harga 2700 dollar AS atau setara Rp 36,5 jutaan. Spesifikasinya meliputi prosesor Intel core i7, RAM 16 GB, dan kapasitas SDD 512 GB.

Dua varian Surface Book yang lebih murah siap dipasarkan mulai 26 Oktober 2015. Adapun Surface Book 1TB bakal menyusul tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.