Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia, Penonton YouTube Terbesar se-Asia Pasifik

Kompas.com - 20/10/2015, 17:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara pengakses YouTube terbesar se-Asia Pasifik. Tahun 2015 ini, jumlah waktu orang Indonesia yang dihabiskan untuk menonton YouTube (watch time) meningkat sebesar 130 persen dibandingkan tahun lalu.

Bahkan, jika dikombinasikan dengan pengakses YouTube dari perangkat smartphone, jumlah jam nonton mereka bertambah hingga 250 persen, atau 2,5 kali lebih tinggi dibanidng tahun lalu.

"Angka ini menjadi angka pertumbuhan watch time yang tertinggi se-Asia Pasifik,"kata Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia dalam acara jumpa media di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Menurut Veronica, hal itu disebabkan oleh semakin meningkatnya kualitas layanan internet dan penetrasi smartphone yang tinggi.

"Selain infrastruktur, adopsi smartphone juga mendorong hal ini, sekarang 43 persen orang Indonesia sudah punya smartphone," kata Veronica.

Saking tingginya pengakses YouTube dari smartphone, waktu yang mereka habiskan bisa lebih dari 30 menit.

Menurut data dari Google Indonesia, sebanyak 23 persen pengakses YouTube dari perangkat smartphone rata-rata menonton video selama 30 menit atau lebih. Sebanyak 43 persennya membuka YouTube selama 15 menit atau lebih lama lagi.

Konten juga mendorong pengguna YouTube di Indonesia betah. Saat ini, diakui Veronica, semakin banyak kanal-kanal YouTube buatan lokal yang berkualitas, seperti SkinnyIndonesian24, Edho Zell, Raditya Dika, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com