Kompas.com - 20/10/2015, 17:31 WIB
Logo YouTube Logo YouTube
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara pengakses YouTube terbesar se-Asia Pasifik. Tahun 2015 ini, jumlah waktu orang Indonesia yang dihabiskan untuk menonton YouTube (watch time) meningkat sebesar 130 persen dibandingkan tahun lalu.

Bahkan, jika dikombinasikan dengan pengakses YouTube dari perangkat smartphone, jumlah jam nonton mereka bertambah hingga 250 persen, atau 2,5 kali lebih tinggi dibanidng tahun lalu.

"Angka ini menjadi angka pertumbuhan watch time yang tertinggi se-Asia Pasifik,"kata Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia dalam acara jumpa media di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Menurut Veronica, hal itu disebabkan oleh semakin meningkatnya kualitas layanan internet dan penetrasi smartphone yang tinggi.

"Selain infrastruktur, adopsi smartphone juga mendorong hal ini, sekarang 43 persen orang Indonesia sudah punya smartphone," kata Veronica.

Saking tingginya pengakses YouTube dari smartphone, waktu yang mereka habiskan bisa lebih dari 30 menit.

Menurut data dari Google Indonesia, sebanyak 23 persen pengakses YouTube dari perangkat smartphone rata-rata menonton video selama 30 menit atau lebih. Sebanyak 43 persennya membuka YouTube selama 15 menit atau lebih lama lagi.

Konten juga mendorong pengguna YouTube di Indonesia betah. Saat ini, diakui Veronica, semakin banyak kanal-kanal YouTube buatan lokal yang berkualitas, seperti SkinnyIndonesian24, Edho Zell, Raditya Dika, dan sebagainya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.