HTC One A9 Resmi Dirilis, "iPhone" Rasa Android

Kompas.com - 21/10/2015, 09:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah lama menjadi rumor, HTC akhirnya benar-benar merilis smartphone berbasis Android terbarunya. Perusahaan asal Taiwan itu baru saja memperkenalkan anggota baru dari keluarga One, A9.

Dari segi desain, HTC One A9 hadir dengan tubuh berbahan aluminium, mirip dengan seri One sebelumnya. Secara sepintas, pemilihan bahan tersebut membuat perangkat ini memang terlihat menawan.

HTC mengklaim mendesain One A9 dari awal. Namun, tidak bisa dipungkiri, smartphone ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan iPhone 6 buatan Apple.

Memang ada beberapa perbedaan terutama dari segi peletakkan lensa kamera dan tombol fisik. Akan tetapi, sudut membulat dan garis pembatas di bagian belakang dari perangkat ini benar-benar membuatnya sangat mirip dengan iPhone 6.

Saking miripnya, ada satu media asing yang sampai menyebut HTC One A9 sebagai "iPhone 6s dengan sistem operasi Android". Bagaimana menurut Anda?

The Verge HTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Dari segi spesifikasi, HTC One A9 hadir dengan layar AMOLED berbentang 5 inci beresolusi Full HD (1080p).

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Rabu (21/10/2015), smartphone ini merupakan yang pertama hadir dengan SoC Snapdragon 617 octa-core buatan Qualcomm. Chipset itu terdiri dari Cortex-A53 quad-core 1,5 GHz, Cortex-A53 quad-core 1,2 GHz, dan GPU Adreno 405.

Spesifikasi lainnya, One A9 dibekali RAM 2 atau 3 GB, kamera 13 megapiksel dengan kemampuan OIS, kamera depan ultrapixel 4 megapiksel, media penyimpanan 16 atau 32 GB, dan baterai 2.150 mAh.

Perangkat ini pun sudah menggunakan sensor pemindai sidik jari. Sensor tersebut diletakkan di tombol fisik yang terletak di bagian depan, persis di bawah layar. Tombol itu juga bisa difungsikan sebagai "Home".

Dari segi software, HTC One A9 bakal menjadi yang pertama hadir dengan Android versi 6.0 Marshmallow, di luar perangkat Nexus buatan Google.

Nantinya, One A9 akan ditawarkan dalam empat pilihan warna, yakni Opal Silver, Carbon Grey, Deep Garnet, dan Topaz Gold.

Perangkat ini akan dirilis pada awal November di beberapa pasar tertentu dengan harga mulai dari 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,4 juta. Belum diketahui apakan produk ini akan masuk ke pasar Tanah Air atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.