Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Hari Gini, Smartphone Cuma Buat Telepon?”

Kompas.com - 21/10/2015, 09:37 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Menggenggam smartphone kini tak lagi sekadar untuk menelepon, mengirim pesan, atau berinteraksi di media sosial. Sejumlah kreativitas sekarang bisa dilakukan cukup lewat gadget.

Teknologi dan aplikasi yang kian canggih sekaligus beragam, menjadi alasan fungsi perangkat tersebut terus berkembang. Berikut ini sejumlah kreativitas yang dapat dimaksimalkan menggunakan smartphone di genggaman.

Bagi Anda yang tertarik mengembangkan kreativitas menggunakan smartphone, spesifikasi gadget merupakan hal yang harus dicermati sejak awal. Mendapatkan ponsel cerdas yang mumpuni juga sudah bisa didapat lewat beragam situs belanja daring.

Karya tulis

Membuat catatan hingga karya tulis sekarang tak lagi harus bersanding dengan buku atau laptop. Sudah lebih ringkas dan ringan, smartphone juga sudah menyediakan aneka fasilitas word processor, dari InkPad, Evernote, Google Keep, hingga Microsoft OneNote.

Tak hanya menjadi media pencatat, beragam aplikasi itu juga sudah otomatis tersambung ke akun e-mail. Dengan demikian, pengguna aplikasi ini tak perlu juga khawatir datanya tak tersimpan. Mengunggah tulisan ke blog pribadi pun menjadi jauh lebih gampang karenanya.

Fotografi

Memakai smartphone, mengembangkan kemampuan fotografi mendapatkan pula sarana. Teknologi kamera yang disematkan pada aneka rupa smartphone terkini rata-rata sudah punya resolusi tinggi.

Robby Purba, misalnya, mengaku suka berfoto selama travelling memakai kamera smartphone. Jepretan yang dihasilkan, kata entertainer ini, pun memuaskan.

Film pendek

Bahkan membuat film, sekarang tak mustahil dilakukan menggunakan ponsel pintar. Kemampuan video dan resolusi gambar di peranti ini sudah cukup mumpuni.

Dedy Corbuzier sudah membuktikan kemampuan itu lewat film pendek berjudul ‘Triangle The Red Side’. Ilusionis ini membuat film berdurasi 5 menit 2 detik tersebut dengan berbekal tiga smartphone saja.

Bisnis

Menggenggam smartphone juga dapat menjadi peluang mendapatkan penghasilan. Melakoni bisnis online, misalnya.

Sekalipun dari rumah, bisnis dalam jaringan bisa dijalankan. Cukup potret produk yang akan dijual, pemasaran bisa dilakukan lewat media sosial atau situs belanja seperti Bukalapak.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com