Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, "Segway" Supermurah dari Xiaomi

Kompas.com - 21/10/2015, 11:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini Xiaomi paling dikenal sebagai produsen smartphone, tablet dan wearable. Belakangan, Xiaomi juga mulai masuk ke ranah smarthome.

Kini, pabrikan China tersebut kembali merambah "mainan" baru di sektor transportasi. Bersama startup robotik Ninebot Inc., Xiaomi memperkenalkan hoverboard teranyar bertajuk "Ninebot Mini", sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Selasa (20/10/2015).

Seperti yang sudah-sudah, Xiaomi selalu menawarkan produk dengan harga miring. Pun juga pada Ninebot Mini yang sangat mirip dengan produk yang sudah sukses sebelumnya, Segway.

Jika rata-rata hoverboard di pasaran dijual 6000 dollar AS (Rp 81 jutaan), maka Ninebot Mini hanya dipatok 1999 dollar AS atau setara Rp 27 jutaan.

Ninebot Mini juga dilengkapi dengan aplikasi smartphone. Pengguna bisa mengontrol arah skuter self-balancing tersebut.

Tapi, pengontrolan lewat aplikasi hanya bisa dilakukan saat tak ada orang yang berdiri di atas Ninebot Mini. Jadi, sistem kontrol via aplikasi itu memungkinkan Ninebot Mini berfungsi layaknya drone.

Pengguna bisa mengantarkan barang ke suatu tempat tanpa kehadiran dirinya. Pengguna juga bisa mengunci hoverboard langsung dari aplikasinya.

Adapun kemampuan Ninebot Mini antara lain: dapat berjalan hingga 22 km dalam sekali pengisian daya, kecepatan 16km/jam, bisa mendaki hingga 15 derajat, bisa menampung penumpang hingga 85 kg dan berat 12,8 kg.

Ninebot Mini bakal dijual di China mulai 3 November 2015 melalui situs Mi.com. Belum jelas kapan produk teranyar tersebut bakal diboyong ke pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com