Kompas.com - 21/10/2015, 11:06 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama ini Xiaomi paling dikenal sebagai produsen smartphone, tablet dan wearable. Belakangan, Xiaomi juga mulai masuk ke ranah smarthome.

Kini, pabrikan China tersebut kembali merambah "mainan" baru di sektor transportasi. Bersama startup robotik Ninebot Inc., Xiaomi memperkenalkan hoverboard teranyar bertajuk "Ninebot Mini", sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Selasa (20/10/2015).

Seperti yang sudah-sudah, Xiaomi selalu menawarkan produk dengan harga miring. Pun juga pada Ninebot Mini yang sangat mirip dengan produk yang sudah sukses sebelumnya, Segway.

Jika rata-rata hoverboard di pasaran dijual 6000 dollar AS (Rp 81 jutaan), maka Ninebot Mini hanya dipatok 1999 dollar AS atau setara Rp 27 jutaan.

Ninebot Mini juga dilengkapi dengan aplikasi smartphone. Pengguna bisa mengontrol arah skuter self-balancing tersebut.

Tapi, pengontrolan lewat aplikasi hanya bisa dilakukan saat tak ada orang yang berdiri di atas Ninebot Mini. Jadi, sistem kontrol via aplikasi itu memungkinkan Ninebot Mini berfungsi layaknya drone.

Pengguna bisa mengantarkan barang ke suatu tempat tanpa kehadiran dirinya. Pengguna juga bisa mengunci hoverboard langsung dari aplikasinya.

Adapun kemampuan Ninebot Mini antara lain: dapat berjalan hingga 22 km dalam sekali pengisian daya, kecepatan 16km/jam, bisa mendaki hingga 15 derajat, bisa menampung penumpang hingga 85 kg dan berat 12,8 kg.

Ninebot Mini bakal dijual di China mulai 3 November 2015 melalui situs Mi.com. Belum jelas kapan produk teranyar tersebut bakal diboyong ke pasar global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.