Lenovo Vibe P1m Punya Tombol Fisik Penghemat Baterai

Kompas.com - 21/10/2015, 14:22 WIB
Smartphone Android Lenovo P1m. Deliusno/Kompas.comSmartphone Android Lenovo P1m.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo bersiap untuk merilis smartphone terbarunya, Vibe P1m, di Indonesia. Smartphone berbasis Android ini adalah anggota baru dari keluarga perangkat berbaterai besar Lenovo.

Lenovo Vibe P1m dilengkapi dengan baterai 4.000 mAh, lebih besar dari kebanyakan smartphone yang beredar saat ini. Baterai tersebut diklaim dapat menghidupkan perangkat selama 16 jam untuk kegiatan panggilan suara di jaringan 4G dan standby selama 20,5 hari di jaringan yang sama.

Sebagai pembanding, ‎iPhone 6s buatan Aple memiliki baterai 1.715 mAh dan Galaxy S6 besutan Samsung punya baterai 2.550 mAh.

"(Beberapa pengguna butuh smartphone) Yang bisa menyala sehari penuh, bahkan bisa menyala sebulan penuh. Oleh karena itu, kami bakal merilis P1m," ujar Anvid Erdian, 4P Manager MBG Lenovo, kepada KompasTekno di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

‎Lenovo sendiri sebenarnya sudah memiliki beberapa perangkat dengan baterai berkapasitas besar, seperti P70, P90, dan A5000.‎ Akan tetapi, ada sedikit pembeda antara Vibe P1m dengan saudaranya itu, yakni tombol fisik khusus untuk menghemat baterai bernama Power Saver Switch.

Ketika tombol yang terletak di kiri ponsel diaktifkan, tampilan layar akan dioptimalkan untuk menghemat baterai. Tampilan wallpaper ponsel akan menjadi hitam.

Kemudian, perangkat hanya bisa digunakan untuk beberapa fungsi standar, seperti menelepon, mengirimkan pesan, dan kegiatan browsing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, sistem bakal mematikan beberapa aplikasi yang berjalan di background. Dengan kombinasi itulah, tombol tersebut dapat lebih menghemat baterai.

Deliusno/Kompas.com Tampilan ponsle Android Lenovo P1m saat tombol fisik penghemat daya ditekan.

"Kemarin saya mencoba fitur ini. Saya menggunakan tombol Power Saver Switch ketika baterai ‎17 persen. Setelah itu, perangkat ternyata masih mampu hidup selama 15 jam," ujar Anvid.

Lenovo Vibe P1m dilengkapi layar IPS berbentang 5 inci dengan dukungan resolusi HD 720 piksel.

Ia dipersenjatai SoC Mediatek MT 6735P 1.0 GHz quad-core 64 bit, RAM 2 GB, media penyimpanan 16 GB (dilengkapi slot kartu penyimpanan), kamera belakang 8 megapiksel, dan kamera depan 5 megapiksel.

Sayangnya, Lenovo masih belum mau membeberkan harga perangkat ini. Vibe P1m dijanjikan untuk hadir dalam waktu dekat. "Untuk harga, tunggu saja saat rilisnya nanti," pungkas Anvid.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X