"OK Google" Ditendang dari Chrome

Kompas.com - 21/10/2015, 15:11 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pekan ini, Google merilis Chrome versi 46. Tak ada penambahan fitur berarti pada layanan browser tersebut. Sebaliknya, Chrome 46 justru memangkas fitur populer "OK Google" untuk beberapa PC.

Yakni pada Chrome untuk sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux. Adapun pengguna perangkat Android dan Chromebook masih bisa menjajal fitur tersebut.

Artinya, sebagian besar pengguna Chrome di PC sudah tak bisa lagi mengandalkan komando suara untuk melakukan pencarian cepat. Apa alasan Google menendang fitur tersebut?

Dilaporkan Forbes dan dihimpun KompasTekno, Rabu (21/10/2015), "OK Google" tak dimanfaatkan secara signifikan oleh pengguna Chrome di platform Windows, Mac OS X, dan Linux. Menurut Google, fitur tersebut akan mubazir jika tetap eksis namun tak terpakai.

Pun begitu, bagi sebagian penggguna Windows/Mac OS X/Linux yang selama ini menggunakan "OK Google" dan telah nyaman dengannya, masih ada cara yang bisa ditempuh.

Pengguna bisa secara manual membuka situs pencarian Google dari tab baru. Dari situ, fitur "OK Google" tetap terpatri di kotak pencarian.

Pengguna cukup menekan ikon mikropon lalu memerintah situs pencarian tersebut dengan komando suara.

Diketahui, Google pertama kali meluncurkan pencarian dengan "OK Google" untuk Chrome Pada November 2013. Setelah dua tahun terbenam, fitur tersebut akhirnya harus tersingkirkan.



Sumber Forbes

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X