Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Pilih Mana, Facebook atau Instagram?

Kompas.com - 21/10/2015, 15:44 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Popularitas Instagram di kalangan remaja ternyata bisa mengalahkan Facebook. Hal tersebut diketahui dari survei yang dilakukan lembaga riset Piper Jaffray terhadap responden remaja Amerika Serikat (AS).

Survei menunjukkan bahwa 33 persen remaja usia 13 hingga 19 tahun cenderung lebih menyukai Instagram. Sedangkan 20 persen mengaku menyukai Twitter, sehingga menempatkannya di peringkat kedua.

Di peringkat ketiga terlihat Snapchat yang disukai oleh 19 persen remaja. Sisanya, di peringkat keempat adalah Facebook yang mendapatkan 15 persen dari total remaja yang disurvei.

Kendati tercatat di peringkat empat, tak berarti ini merupakan kabar buruk bagi Facebook. Lagipula Instagram sendiri sudah dibeli Facebook sejak 2012 silam.

Selama ini Facebook memang menghadapi dilema. Tepatnya sejak 2013 lalu, mereka melaporkan bahwa tingkat penggunaan jejaring sosial tersebut di kalangan remaja cenderung menurun.

Dilansir KompasTekno dari Wall Street Journal, Rabu (21/10/2015), survei di atas dilakukan berdasarkan 9.400 orang responden remaja usia 13 hingga 19 tahun.

Mayoritas responden, atau 56 persennya adalah pria. Mereka memiliki latar belakang keluarga dengan pendapatan rata-rata 68.000 dollar AS atau sekitar Rp 925 juta.

Temuan ini mendukung perubahan bahwa pengguna remaja kini cenderung meninggalkan Facebook dan memilih situs alternatif. Pada 2012 lalu, Facebook ditempatkan sebagai media sosial paling penting dan 42 persen responden remaja mengamininya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com