Remaja Pilih Mana, Facebook atau Instagram?

Kompas.com - 21/10/2015, 15:44 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Popularitas Instagram di kalangan remaja ternyata bisa mengalahkan Facebook. Hal tersebut diketahui dari survei yang dilakukan lembaga riset Piper Jaffray terhadap responden remaja Amerika Serikat (AS).

Survei menunjukkan bahwa 33 persen remaja usia 13 hingga 19 tahun cenderung lebih menyukai Instagram. Sedangkan 20 persen mengaku menyukai Twitter, sehingga menempatkannya di peringkat kedua.

Di peringkat ketiga terlihat Snapchat yang disukai oleh 19 persen remaja. Sisanya, di peringkat keempat adalah Facebook yang mendapatkan 15 persen dari total remaja yang disurvei.

Kendati tercatat di peringkat empat, tak berarti ini merupakan kabar buruk bagi Facebook. Lagipula Instagram sendiri sudah dibeli Facebook sejak 2012 silam.

Selama ini Facebook memang menghadapi dilema. Tepatnya sejak 2013 lalu, mereka melaporkan bahwa tingkat penggunaan jejaring sosial tersebut di kalangan remaja cenderung menurun.

Dilansir KompasTekno dari Wall Street Journal, Rabu (21/10/2015), survei di atas dilakukan berdasarkan 9.400 orang responden remaja usia 13 hingga 19 tahun.

Mayoritas responden, atau 56 persennya adalah pria. Mereka memiliki latar belakang keluarga dengan pendapatan rata-rata 68.000 dollar AS atau sekitar Rp 925 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Temuan ini mendukung perubahan bahwa pengguna remaja kini cenderung meninggalkan Facebook dan memilih situs alternatif. Pada 2012 lalu, Facebook ditempatkan sebagai media sosial paling penting dan 42 persen responden remaja mengamininya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.