5 Browser Diuji di Laptop, Mana Paling Boros Baterai?

Kompas.com - 21/10/2015, 16:20 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lima aplikasi peramban internet (browser) versi desktop diuji untuk mengetahui konsumsi baterai yang dibutuhkan. Ternyata, dari semua browser yang diuji tadi, Google Chrome menjadi yang paling rakus daya.

Pengujian yang dilakukan oleh Digital Citizen tersebut menggunakan tiga laptop berbeda yang menjalankan sistem operasi Windows 10. Mereka dipasangi dengan browser populer, seperti Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer, dan Microsoft Edge.

Google Chrome menjadi yang paling boros baterai di ketiga laptop yang dipakai utnuk menguji, yaitu Asus ZenBook UX305F, Microsoft Surface Pro 3, dan Toshiba Portege Z20t-B.

Browser Chrome membuat baterai ketiga laptop di atas cepat habis dalam waktu masing-masing 206 menit, 152 menit, dan 282 menit.

Sementara browser Internet Explorer bawaan Windows menjadi yang paling hemat baterai di ketiga laptop, mencatatkan waktu 264 menit, 211 menit, dan 313 menit di ketiga laptop di atas secara berurutan.

Secara garis besar, Internet Explorer menjadi yang paling irit baterai di ketiga laptop tadi, disusul kemudian oleh browser baru Microsoft Edge, Firefox, dan opera.

"Berdasar pengujian kami, Internet Explorer dan Microsoft Edge adalah browser pilihan terbaik untuk menghemat baterai laptop," ujar Digital Citizen seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Rabu (21/10/2015).

Namun, Digital Citizen juga menekankan konsumsi baterai juga dipengaruhi oleh intensitas masing-masing browser saat dipakai.

Teknisi Google sendiri belum lama ini juga mengakui kalau Chrome memang boros baterai, mereka pun berjanji untuk memperbaikinya.

Hasil pengujian Digital Citizen secara penuh bisa dilihat di tautan berikut ini.



Sumber BGR
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X