Kompas.com - 22/10/2015, 11:07 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perkumpulan Pengusaha Rental Mobil Indonesia (PPRI), Hendric Kusnadi mengatakan semua mobil-mobil yang dioperasikan oleh GrabTaxi memiliki izin yang resmi. Sebab, mobil-mobil yang dioperasikan dalam layanan GrabCar terdaftar dalam Perkumpulan Pengusaha Rental Mobil Indonesia (PPRI).

PPRI adalah wadah yang menaungi baik perusahaan atau individu yang menyediakan jasa rental mobil di Indonesia. Jika perusahaan rental mobil telah memiliki izin usaha, maka individu yang bergabung dengan GrabCar bisa bernaung di bawah koperasi yang dibentuk oleh PPRI.

"Jadi semua mobil-mobil yang dioperasikan GrabCar itu adalah resmi milik pengusaha rental yang ada badan hukumnya," demikian ujar Hendric saat dijumpai KompasTekno di sela acara kampanye GrabCar di kawasan Senayan, Rabu (21/10/2015).

Hendric menjelaskan untuk bergabung dengan PPRI setiap orang cukup membayar biaya pendaftaran Rp 100.000 dan iuran bulanan sebagai anggota koperasi.

"Kami juga membayar pajak dan asuransi untuk mereka (pengemudi) tiap bulan," imbuhnya.

GrabCar sebagai usaha sampingan GrabTaxi telah hadir di Denpasar, Bali, dan menyusul kemudian di Jakarta pada Agustus lalu dalam operasinya memang bekerja sama dengan (PPRI), hal ini dilakukan agar hal yang menimpa Uber tidak dialami oleh mereka.

Uber yang juga menggunakan mobil pribadi (plat hitam) dalam operasinya selama ini diprotes oleh Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta karena dianggap melanggar peraturan perundang-undangan.

Menurut Ketua DPD Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan, setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan untuk umum dengan dipungut bayaran baik langsung atau tidak langsung wajib membawa STNK, tanda bukti lulus uji (kir), tanda bukti kartu izin usaha, kartu pengawasan, dan atau kartu pengawasan izin operasi.

Sementara Hendric mengatakan mobil-mobil milik PPRI yang tergabung dalam GrabCar diklaim telah mentaati peraturan yang diberikan oleh Dishub DKI.

"Mobil-mobil rental kami juga mengikuti uji berkala setiap enam bulan sekali sesuai dengan peraturan Dishub," jelas Hendric.

Layanan GrabCar tersedia dalam aplikasi GrabTaxi yang hadir di tiga platform Android, iOS, dan BlackBerry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.