Xperia Z5 Pakai Teknologi Kamera "Mirrorless" Sony A6000

Kompas.com - 22/10/2015, 11:46 WIB
Head of Marketing Sony Mobile Communication Ika Paramita Fatimah Kartini BohangHead of Marketing Sony Mobile Communication Ika Paramita
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Trio Sony Xperia terbaru, Z5, Z5 Compact, dan Z5 Premium dikatakan sebagai ponsel dengan kamera smartphone paling cakap di kelasnya. Penganalisis kamera DxOMark telah mengakui kapabilitas tersebut.

"Z5 baru mendapat penghargaan sebagai kamera smartphone nomor satu di kelasnya. Xperia Z3 Plus ada di urutan tiga," kata Head of Marketing Sony Mobile Indonesia Ika Paramita, Rabu (21/10/2015) pada acara "Preview Xperia Z5" di Restoran Kembang Goela, Jakarta.

Menurut Ika, hal tersebut dikarenakan Sony mampu mereduksi keluhan pengguna atas kamera smartphone. Dari hasil riset, setidaknya ada dua keluhan yang paling sering dilontarkan, yakni hasil foto gelap (low-light) dan kabur (blurry).

Sony berusaha memangkas keluhan tersebut pada trio flagship teranyarnya. Ketiga ponsel disematkan teknologi autofocus super cepat dan mumpuni bertajuk "Hybrid AF".

Teknologi tersebut diboyong dari perangkat kamera mirrorless Sony A6000 dan baru pertama kali dibenamkan pada smartphone.

Dengan Hybrid AF, Sony mengklaim kamera keluarga Z5 bisa menangkap gambar yang bergerak cepat tanpa ada efek blurry. Hanya dalam waktu 0,03 detik, objek yang dibidik dikatakan bakal otomatis fokus.

"Sebelumnya, yang sering digunakan smartphone adalah autofocus konvensional yang hanya mendeteksi kontras. Untuk objek bergerak cepat, autofocus itu tak bekerja maksimal," Ika menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk spesifikasi lainnya, kamera Z5 bersaudara dibenamkan sensor Exmor RS dengan kualitas lensa 23 megapiksel.

Dengan spesifikasi lensa dan sensor demikian, Sony mengklaim gambar yang dihasilkan tak hanya tajam dan jernih, namun juga bisa di-zoom hingga lima kali tanpa terjadi penurunan kualitas yang signifikan.

Fatimah Kartini Bohang Hasil foto Xperia Z5 Premium sebelum di-zoom

Fatimah Kartini Bohang Hasil foto Xperia Z5 Premium setelah di-zoom lima kali
Di Indonesia, duet Z5 dan Z5 Compact sudah bisa dipesan di situs belanja DinoMarket mulai 23 Oktober mendatang. Ketersediaan resminya baru pada 4 November 2015.

Sementara itu, Z5 Premium belum turut dibawa ke tanah air. Menurut Ika, varian paling unggul tersebut akan menyusul kemudian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.