Ini "Penjahat" di Balik Borosnya Baterai iPhone

Kompas.com - 23/10/2015, 09:05 WIB
Ilustrasi Facebook Mobile Digital TrendsIlustrasi Facebook Mobile
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Banyak pengguna iOS yang mengeluhkan betapa cepat habisnya baterai perangkat mereka belakangan ini. Setelah diselidiki, ternyata "penjahat" dari masalah tersebut adalah aplikasi Facebook untuk iOS.

Masalah ini diakui langsung oleh Engineer Manager Facebook Ari Grant.

Melalui status Facebook-nya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari PhoneArena, Jumat (23/10/2015), ia menginformasikan beberapa masalah yang membuat aplikasi Facebook versi iOS membuat baterai iPhone lebih cepat habis dari seharusnya.

Masalah pertama yang ditemukan diberi istilah "CPU Spin". Masalah ini ada di kode jaringan aplikasi tersebut.

Inti dari masalah satu ini, CPU merasa seakan ada sebuah tugas yang belum diselesaikan. Oleh karena itu, CPU akan terus bekerja sehingga membuat baterai lebih cepat habis.

"CPU Spin seperti seorang anak kecil di dalam mobil bertanya, 'Apakah kita sudah sampai? Apakah kita sudah sampai?', pertanyaan yang tidak membuat adanya peningkatan untuk mencapai tujuan," tulis Grant.

Facebook juga menemukan adanya masalah di manajemen sesi audio. Jika Anda menutup aplikasi Facebook setelah menonton video, sesi audio terkadang tetap berjalan secara diam-diam. Inilah yang membuat baterai terus disedot dayanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook dikatakan sudah menyelesaikan masalah ini. Perusahaan jejaring sosial ini menjanjikan peningkatan performa baterai pada versi aplikasi terbarunya yang bakal tersedia hari ini.

"Kami meminta maaf terhadap ketidaknyamanan yang kami sebabkan. Kami akan terus berkomitmen untuk melanjutkan peningkatan penggunaan baterai di aplikasi dan Anda akan melihat peningkatan dalam versi yang dirilis hari ini," pungkas Grant.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.