Instagram Perkenalkan Boomerang, Pembuat Foto Bergerak

Kompas.com - 23/10/2015, 10:37 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Instagran meluncurkan aplikasi terpisah yang diberi nama Boomerang. Aplikasi ini bisa dipakai untuk membuat gambar bergerak (GIF).

GIF adalah format gambar bergerak di internet yang terdiri atas serangkaian foto yang ditampilkan berurutan secara terus-menerus (loop), membuatnya seperti video mini dengan durasi pendek.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Instagram, Jumat (23/10/2015), Instagram bisa dipakai untuk memotret lima foto yang bisa dirangkai menjadi format GIF dan memutarnya.

"Boomerang mengambil serangkaian foto dan merangkainya menjadi video mini berkualitas tinggi yang bisa diputar maju-mundur," demikian tulis postingan resmi Instagram di blog-nya.

Sama dengan Instagram, pengguna bisa merekam foto dalam mode portrait (vertikal) atau lanskap (horisontal). Hasil gambar GIF juga bisa di-share di akun Instagram dan disimpan di album kamera.

Google Play Store Boomerang Instagram
Aplikasi ini merupakan hasil hackathon yang dilakukan Instagram pada Juli lalu. Boomerang menjadi aplikasi terpisah ketiga yang dirilis oleh Instagram. Sebelumnya jejaring sosial berbasis foto ini telah meluncurkan aplikasi foto time-lapse Hyperlapse dan aplikasi pembuat kolase foto, Layout.

Aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa dengan Boomerang antara lain Google Photo dan Phhhoto yang telah melampaui 1 juta pengguna pada Maret lalu.

"Dengan Boomerang, kami tidak sabar untuk melihat hasil kreasi kalian," ujar Instagram.

Boomerang from Instagram bisa diunduh di Play Store lewat tautan berikut ini, dan di iOS melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.