Duit Digital Diharap Bikin Pelanggan Telkomsel Tetap Setia

Kompas.com - 23/10/2015, 18:04 WIB
Dari kiri ke kanan: Excecutive Vice President Telkomsel Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi, Vice President ICT Network Management Area Jabotabek Jabar Juanita Erawati,  General Manager Legal and Stakeholder Management Jabotabek Jabar Yossie Hamdeny Mairiza Fatimah Kartini Bohang/ KOMPAS.comDari kiri ke kanan: Excecutive Vice President Telkomsel Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi, Vice President ICT Network Management Area Jabotabek Jabar Juanita Erawati, General Manager Legal and Stakeholder Management Jabotabek Jabar Yossie Hamdeny Mairiza
|
EditorOik Yusuf

DENPASAR, KOMPAS.com - Telkomsel tak ingin pelanggannya beralih ke operator lain. Salah satu strategi yang digencarkan adalah "mengikat" pelanggan dengan "T-Cash".

Layanan pembayaran elektronik tersebut telah diluncurkan pada 2007 dan diperbarui dengan adopsi teknologi Near Field Communication (NFC) pada tahun 2015.

"T-Cash kan sistemnya menyatu dengan kartu SIM. Jadi dengan semua kemudahan yang ditawarkan T-Cash, pengguna jadi nagih dan setia memakai Telkomsel," kata Executive Vice President Telkomsel Area II Venusiana Papasi, Jumat (24/10/2015) di Warung Mina, Denpasar, Bali.

Apa kemudahan yang dimaksud? Pengguna bisa membayar barang dan menransfer duit tanpa ruwet dengan duit fisik. Pertama-tama, pengguna cukup mendaftarkan layanan T-Cash melalui *800*88#. Lalu, stiker bisa diminta di gerai-gerai Telkomsel.

Stiker itu disematkan di punggung ponsel. Setelah mengaktivasi layanan, pengguna bisa mengisi saldo hingga Rp 5 juta lewat Indomaret atau gerai Telkomsel terdekat.

Duit itu bisa dibelanjakan ke berbagai toko yang telah bekerjasama dengan Telkomsel. Antara lain Indomaret, Wendy's, McDonald's, Coffee Bean, 7-Eleven dan Cinema XX1.

Adapula promo potongan harga yang bisa didapatkan pada hari-hari tertentu. Menurut Venusiana, T-Cash tak ubahnya teknologi yang bakal merevolusi cara hidup masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dulu kalau nggak bawa dompet rasanya kesulitan. Sekarang nggak bawa dompet udah nggak masalah. Duit kembalian juga nggak berceceran," kata Venusiana.

Mekanisme ini, selain untuk menjaga loyalitas pengguna, juga untuk mendukung program cashless yang dicanangkan pemerintah. Ke depan, Telkomsel juga mengupayakan T-Cash bisa menjadi alat pembayaran untuk angkutan umum.

Saat ini, pengguna T-Cash nasional dilansir mencapai 17 jutaan pengguna. "50 persennya dari Area II," ujar Venusiana.

Tahun depan, Telkomsel untuk Jabotabek dan Jabar menargetkan jumlah pengguna T-Cash meningkat dua kali lipat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.