Kompas.com - 24/10/2015, 08:27 WIB
HTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus The VergeHTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Smartphone Android One A9 baru saja dirilis oleh HTC beberapa waktu lalu. Peluncurannya berjalan kurang mulus sebab perangkat tersebut dikatakan sangat mirip dengan iPhone 6s, smartphone buatan Apple.

Lantas, bagaimana pendapat HTC perihal itu? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari MacRumors, Jumat (23/10/2015), HTC membantah klaim yang menyatakan bahwa One A9 menjiplak desain dari iPhone.

Dalam sebuah acara di Taiwan, salah satu petinggi HTC, Jack Tong, menuduh bahwa Apple yang sebenarnya menjiplak desain smartphone HTC, bukan sebaliknya. Sebagai buktinya, One M7 dan M8, dua smartphone seri terdahulu HTC, dirilis terlebih dahulu dibanding iPhone 6.

"Kami tidak menjiplak. Kami membuat sebuah ponsel unibody berbahan metal pada 2013. Apple yang menjiplak kami untuk bagian desain antena di bagian belakang," kata Tong.

"A9 dibuat lebih tipis dan ringan dari ponsel metal kami sebelumnya. Ini merupakan perubahan dan evolusi, dan kami tidak menjiplak," ujarnya.

HTC One M7 dirilis pada tahun 2013 lalu dengan cangkang unibody berbahan metal serta garis antena plastik di bagian atas dan bawah perangkat. Garis antena plastik itulah yang dipermasalahkan oleh Tong.

Sementara itu, garis antena itu baru muncul di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 18 bulan setelah M7. Desain ini kemudian berlanjut ke iPhone 6s.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

HTC One A9 sendiri dituduh menjiplak desain iPhone 6 karena memiliki kesamaan pada segi sudut yang membulat, garis antena plastik, pilihan warna yang tidak jauh berbeda, dan peletakan speaker di bagian paling bawah dekat charging port.

Hingga saat ini, Apple memang tidak berkomentar apa-apa perihal One A9. Langkah hukum tampaknya juga tidak akan diambil oleh Apple.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MacRumors

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.