Kompas.com - 24/10/2015, 17:22 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan resmi ke kawasan Silicon Valley, AS, pada 25 Oktober 2015 mendatang.

Menariknya, tak hanya para pejabat negara yang diajak Presiden. Para jagoan startup Indonesia rupanya juga diajak untuk menjalin kerjasama di AS.

"Saya ajak Nadime Makarim (CEO) Gojek, William Tanuwijaya (Tokopedia), Emirsyah Satar Matahari Mal.com, pendiri Traveloka Ferry Unardi dan (pendiri) Kaskus Andrew Darwis," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Di AS ucap Menkominfo, pemerintah dan jagoan-jagoan startup Indonesia akan bertemu dengan 5 kapital venture besar di AS. Rencananya, mereka akan menjelaskan tentang seluk-beluk startup di Indonesia.

"Secara teoritis penduduk Indonesia itu sudah setengah dari penduduk ASEAN, masa kita gini-gini aja, makanya harus direposisi lewat e-commerce," ucap pria yang akrab disapa Chief itu.

Menurutnya, salah satu permasalahan pengembangan e-commerce di Indonesia adalah belum adanya sistem pembayaran e-commerce yang memadai.

"Kita belum punya payment gateway. Sekitar 70 persen lebih transaksi e-commerce dilakukan melalui tranfer bank, lewat ATM, itu enggak efisien. Kita harus punya policy, national payment gateway policy," ucap Rudiantara.

Untungnya, lanjut Chief, Menteri Perekonomian Darmin Nasution merupakan mantan Gubernur Bank Indonesia sehingga pembahasan payment gateway bisa cepat. Selama 7 bulan ini sudah disiapkan oleh berbagai kementerian dan Bank Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.