Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Ada "Awan" di Balik Bus Mayasari Bakti

Kompas.com - 25/10/2015, 12:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Acumatica merupakan sebuah perusahaan Enterprise resource planning (ERP) yang berbasis cloud computing alias komputasi awan.

Di Indonesia, mereka memiliki beberapa rekanan yang cukup mumpuni. Salah satunya JAAS, yang antara lain menyediakan solusi komputasi awan untuk Rahayu Santosa, pabrikan karoseri bus dengan klien beragam, termasuk Mayasari Bakti.

JAAS merupakan rekanan Acumatica yang fokus di manufaktur. Rekanan lain Acumatica antara lain mencakup Alpha Vantage (manajemen sumber daya manusia Cadena), DMSPro (manajemen distribusi) serta InfoLog (sistem manajemen warehouse).

Rekanan Acumatica ini mengembangkan solusi mereka di atas ERP Suite berbasis awan. Laurent Dedenis, President International Operations Acumatica, mengatakan pihaknya memang mendorong terciptanya banyak aplikasi di atas solusi mereka.

"Ya, kami memang tak akan menjadi sebesar iTunes App Store (dalam hal jumlah aplikasi). Namun kami berharap akan ada ratusan aplikasi yang berjalan di atas platform ini," tutur Laurent kepada media di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Indonesia, papar Laurent, akan menjadi salah satu pasar aplikasi ERP berbasis cloud terbesar di dunia. Setidaknya, ujar dia, bisa mencapai sepuluh besar.

Sejak 2013, ujarnya mengutip data Frost & Sullivan, pasar komputasi awan di Indonesia telah bernilai 31,4 juta USD. Sebanyak 95 persen di antaranya berupa Software as a Service.

Suite ERP dari Acumatica, yang menurut Laurent merupakan "awan sejati", terdiri atas produk manajemen keuangan, manajemen distribusi, akuntansi proyek, manajemen pelangan alias CRM, penggajian / payroll dan manufaktur.

Acumatica menyediakan fitur Application Platform Interface, analitik, User Interface Web, framework mobile, database cloud dan banyak lagi.

Hal-hal tersebut kemudian bisa dimafaatkan oleh rekanannya untuk membuat solusi di bidang ritel, manajemen SDM, manajemen gudang, e-commerce, angaran, manufaktur dan banyak lagi.

Laurent mengatakan, penerapan solusi berbasis Acumatica di sebuah perusahaan akan melibatkan semua orang di perusahaan itu, sehingga solusi yang dihasilkan bisa menyeluruh.

Hal itu diakuinya menjadi salah satu keunggulan, selain soal "awan sejati" dan kemudahan penggunaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com