Apple Patenkan Teknologi Pencegah Layar Ponsel Pecah

Kompas.com - 26/10/2015, 17:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Layar pada smartphone adalah komponen penting yang rawan pecah. Kaca yang melapis bagian ini sering pecah atau retak setelah perangkat terjatuh dan mendarat persis di sisi muka.

Apple selaku pabrikan salah satu smartphone terpopuler rupanya menyadari dan berusaha mencari solusi untuk permasalahan di atas.

Pabrikan gadget asal AS itu belakangan diketahui mengajukan paten untuk semacam "teknologi pengaman layar" yang akan melindungi smartphone apabila terlepas dari genggaman pengguna.

Cara kerjanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Senin (26/10/2015), melibatkan empat lempeng "pegas" kecil yang disembunyikan di bagian-bagian pinggir layar.

Sebuah sensor secara otomatis akan mendeteksi apabila ponsel terjatuh. Keempat pegas kecil tadi akan langsung muncul dan berfungsi layaknya "shockbreaker", mencegah layar mencium lantai sekaligus meredam guncangan.

Setelah sensor menyimpulkan bahwa smartphone sudah "aman", pegas pun disimpan kembali dengan sendirinya.

Meski terdengar menarik, seperti teknologi lain yang masih berupa paten, pengembangan mekanisme pengaman layar ini tak diketahui pasti. Masih belum jelas pula apakah ia akan benar-benar diterapkan di produk jadi atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.