Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Teknologi Pencegah Layar Ponsel Pecah

Kompas.com - 26/10/2015, 17:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Layar pada smartphone adalah komponen penting yang rawan pecah. Kaca yang melapis bagian ini sering pecah atau retak setelah perangkat terjatuh dan mendarat persis di sisi muka.

Apple selaku pabrikan salah satu smartphone terpopuler rupanya menyadari dan berusaha mencari solusi untuk permasalahan di atas.

Pabrikan gadget asal AS itu belakangan diketahui mengajukan paten untuk semacam "teknologi pengaman layar" yang akan melindungi smartphone apabila terlepas dari genggaman pengguna.

Cara kerjanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Senin (26/10/2015), melibatkan empat lempeng "pegas" kecil yang disembunyikan di bagian-bagian pinggir layar.

Sebuah sensor secara otomatis akan mendeteksi apabila ponsel terjatuh. Keempat pegas kecil tadi akan langsung muncul dan berfungsi layaknya "shockbreaker", mencegah layar mencium lantai sekaligus meredam guncangan.

Setelah sensor menyimpulkan bahwa smartphone sudah "aman", pegas pun disimpan kembali dengan sendirinya.

Meski terdengar menarik, seperti teknologi lain yang masih berupa paten, pengembangan mekanisme pengaman layar ini tak diketahui pasti. Masih belum jelas pula apakah ia akan benar-benar diterapkan di produk jadi atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com