Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Obama, Jokowi Ajak Kerja Sama Ekonomi Digital

Kompas.com - 27/10/2015, 09:29 WIB

KOMPAS.com - Walau mempersingkat waktu kunjungannya di Amerika Serikat, Presiden Joko Widodo tetap bertemu Presiden AS Barack Obama. Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi mengajak Obama bekerja sama mengembangkan ekonomi digital.

Menurut Jokowi, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital paling signifikan. Ia pun memprioritaskan sektor tersebut dalam menggenjot perekomonian negara.

"Saya menetapkan teknologi digital menjadi prioritas Indonesia. Saya mengajak Amerika bekerja sama dalam ekonomi digital," kata dia, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (27/10/2015) dari Antara.

Rencana kerja sama ekonomi digital merupakan topik ketiga yang dibicarakan Jokowi dengan Obama dalam pertemuan selama 1 jam lebih 10 menit tersebut di Washington DC, Senin waktu AS.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengemukakan harapannya agar kerja sama Indonesia-AS bisa terus terjalin. Menurut Indonesia merupakan negara Muslim dengan ideologi demokrasi terbesar di dunia.

"Kami yakin Islam di Indonesia mampu berperan penting dalam menjaga demokrasi dan pluralisme serta menentang radikalisme dan terorisme," Jokowi menjelaskan.

Jokowi dan Obama juga berdiskusi soal perubahan iklim. "Kami telah sepakat mengatasi hal ini. Indonesia sedang mendapatkan tantangan besar yaitu kebakaran lahan gambut yang pemadamannya merupakan sebuah tantangan besar bagi Indonesia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com