Kompas.com - 27/10/2015, 09:29 WIB
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Walau mempersingkat waktu kunjungannya di Amerika Serikat, Presiden Joko Widodo tetap bertemu Presiden AS Barack Obama. Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi mengajak Obama bekerja sama mengembangkan ekonomi digital.

Menurut Jokowi, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital paling signifikan. Ia pun memprioritaskan sektor tersebut dalam menggenjot perekomonian negara.

"Saya menetapkan teknologi digital menjadi prioritas Indonesia. Saya mengajak Amerika bekerja sama dalam ekonomi digital," kata dia, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (27/10/2015) dari Antara.

Rencana kerja sama ekonomi digital merupakan topik ketiga yang dibicarakan Jokowi dengan Obama dalam pertemuan selama 1 jam lebih 10 menit tersebut di Washington DC, Senin waktu AS.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengemukakan harapannya agar kerja sama Indonesia-AS bisa terus terjalin. Menurut Indonesia merupakan negara Muslim dengan ideologi demokrasi terbesar di dunia.

"Kami yakin Islam di Indonesia mampu berperan penting dalam menjaga demokrasi dan pluralisme serta menentang radikalisme dan terorisme," Jokowi menjelaskan.

Jokowi dan Obama juga berdiskusi soal perubahan iklim. "Kami telah sepakat mengatasi hal ini. Indonesia sedang mendapatkan tantangan besar yaitu kebakaran lahan gambut yang pemadamannya merupakan sebuah tantangan besar bagi Indonesia," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.