Layanan Transjakarta "Go-Busway" Sudah Ada di Aplikasi Go-Jek

Kompas.com - 27/10/2015, 19:49 WIB
Go-Busway Deliusno/Kompas.comGo-Busway
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com — Ada layanan anyar yang muncul di aplikasi Go-Jek, yakni Go- Busway. Ikon untuk layanan ini bisa ditemukan di menu utama aplikasi, berdekatan dengan Go-Box dan Go-Mart yang juga terhitung baru.

Menurut pantauan KompasTekno, Selasa (27/10/2015), Go-Busway adalah layanan transportasi ojek untuk mengantar pengguna ke selter bus transjakarta yang diinginkan.

Cara memesan ojek melalui fitur Go-Busway ini tampak mirip dengan layanan lain dari Go-Jek yang sama-sama memanfaatkan jasa pengendara sepeda motor.

Perbedaannya hanya terletak pada awal pemesanan, yaitu pengguna diminta untuk langsung melakukan pencarian nama selter melalui kotak search. Prosesnya setelah itu sama seperti Go-Ride (pemesanan ojek biasa).

Pengguna bisa mengetikkan nama selter yang dituju dalam kotak pencarian. Fitur ini khusus ditujukan untuk mencari selter, bukan lokasi lain. Sebuah daftar lengkap berisi semua selter bus transjakarta dan lokasinya akan ditampilkan untuk membantu pengguna.

Oik Yusuf/ Kompas.com Jadwal keberangkatan bus TransJakarta di dalam layanan Go-Busway
Alternatifnya, pengguna bisa langsung memilih selter lewat ikon berwarna biru yang muncul di peta.

Begitu menemukan selter tujuan, aplikasi akan menampilkan jadwal keberangkatan bus dari selter yang bersangkutan menuju selter berikut dan sebaliknya.

Go-Busway turut menampilkan ikon berwarna hijau muda yang berseliweran di jalanan dalam peta. Ikon hijau ini agaknya mewakili posisi dari masing-masing bus transjakarta yang dilengkapi GPS.

Dari pijat sampai bus transjakarta

Pada Juni lalu memang sudah dicanangkan bahwa bus-bus transjakarta akan dilengkapi GPS untuk menunjang operasional layanan Go-Busway.

Waktu ketersediaan layanan ini yang muncul pada bulan Oktober pun sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

Dari pantauan Kompas Tekno, layanan Go-Busway baru tersedia di aplikasi Go-Jek untuk platform Android. Sebelum bisa menggunakan layanan Go-Busway, pengguna mesti memperbarui aplikasi Go-Jek ke versi 1.0.62. Belum diketahui kapan layanan Go-Busway akan menyusul hadir di aplikasi Go-Jek versi iOS.

Pihak Go-Jek sendiri diketahui akan menggelar acara yang berhubungan dengan bus transjakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, besok siang.

Go-Busway menambah panjang layanan yang dihadirkan oleh Go-Jek. Sebelumnya, perusahaan yang dibentuk oleh Nadiem Makarim ini telah meluncurkan Go-Mart, layanan pembelian barang; Go-Clean, layanan bersih-bersih rumah; dan Go-Massage, layanan pemanggil jasa pijat.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X