Dengan Snapdragon, Kamera CCTV Pun Jadi "Pintar" - Kompas.com

Dengan Snapdragon, Kamera CCTV Pun Jadi "Pintar"

Kompas.com - 28/10/2015, 09:34 WIB
Recode Qualcomm bikin CCTV dengan kemampuan canggih

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, Qualcomm punya posisi kuat sebagai produsen prosesor untuk smartphone. Kini, pertumbuhan smartphone dianggap stagnan.

Qualcomm pun merambah bisnis di sektor lain. Dilansir KompasTekno, Selasa (27/10/2015) dari Recode, Qualcomm sedang mengembangkan perangkat keamanan CCTV dengan prosesor buatannya.

Menurut Senior Vice President Qualcomm Raj Talluri, kebanyakan produk CCTV yang ada saat ini hanya menghimpun video dengan sensor gerak standar dan mengirimkan data tersebut ke penyimpanan cloud.

Qualcomm menawarkan CCTV dengan teknologi yang lebih hemat biaya, efektif dan tepat sasaran bagi penggunanya. Tak lupa, pabrikan chip itu turut menyematkan sensor pintar sehingga kamera hanya mendeteksi hal-hal yang diperintahkan.

Misalnya, untuk keadaan tertentu, CCTV akan mengabaikan mobil dan pejalan kaki yang lewat. CCTV juga bisa diajarkan membedakan hewan peliharaan dan hewan liar.

"Hal tersebut dapat kami lakukan dengan sangat baik berkat prosesor Snapdragon," kata Talluri.

CCTV yang dikembangkan dirancang dengan prosesor Snapdragon 618 dan dilengkapi koneksi 4G LTE. Dukungan video beresolusi 4K juga terakomodir sehingga tampilan gambar lebih jelas.

Pembuatan perangkat kamera CCTV oleh Qualcomm memperlihatkan upaya pabrikan tersebut berinovasi. Sebelumnya, Qualcomm juga mengatakan tengah menggarap pasar drone dan chipset khusus untuk implementasi Internet of Things (IoT).

Belum jelas kapan Qualcomm akan menelurkan CCTV-nya secara resmi. Secara umum, Qualcomm merencanakan peluncuran produk-produk barunya pada pertengahan awal tahun 2016.


EditorOik Yusuf
SumberRecode

Close Ads X