Ini Dia, Pemenang Lomba Aplikasi Telkomsel NexDev

Kompas.com - 28/10/2015, 23:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengumpulkan 20 tim finalis untuk mempresentasikan karya masing-masing di Glass House, Pacific Place, para juri kompetisi Telkomsel The Next Dev telah memilih tiga pemenang yang diumumkan dalam acara awarding night di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Juri menilai tim dan aplikasi pemenang berdasarkan beberapa kriteria, di antaranya kerjasama tim, produk/ fitur yang ditawarkan, model bisnis yang dipakai, target pasar, serta scalability dari aplikasi yang bersangkutan.

Sebelumnya, sejak mulai digelar Juni lalu, The NextDev berhasil menjaring lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan.

Enam sub-tema untuk aplikasi yang dilombakan adalah Pemerintahan (E-Government), Kesehatan (E-Health), Pariwisata (E-Tourism), Pendidikan (E-Education), Transportasi Publik (E-Transportation), serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (E-UKM).

Pemenang The NextDev mendapat hadiah berupa dukungan “5M”, yakni Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip, dan Money untuk mendukung pengembangan karya.

Berikut ini profil singkat dari ketiga pemenang.

RumahSinau (E-Education)

Oik Yusuf/ Kompas.com Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (paling kiri), bersama tim pengembang RumahSinau

Merupakan platform belajar yang dapat mempertemukan pemilik ruang kosong dengan orang yang membutuhkannya untuk kegiatan belajar mengajar atau les

GandengTangan (E-Government)

Oik Yusuf/ Kompas.com Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (paling kiri), bersama tim pengembang GandengTangan

Dibuat sebagai wadah kolaborasi untuk mempertemukan pemilik usaha sosial dengan publok yang ingin membantu memberikan pinjaman.

Jejakku (E-Tourism)

Oik Yusuf/ Kompas.com Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (paling kiri), bersama tim pengembang Jejakku

Aplikasi trip organizer ini memudahkan traveler mendapatkan informasi lokasi wisata, harga tiket, dan transportasi yang dibutuhkan. Di dalamnya juga terdapat ajakan untuk menuntaskan objektif tertentu dan mengumpulkan poin.

Selain ketiga pemenang di atas, aplikasi Travis yang dirancang sebagai alat untuk memperoleh informasi mengenai berbagai obyek wisata di Indonesia turut terpilih menjadi juara favorit publik melalui hasil polling yang dikumpulkan dari media sosial dan situs internet The NextDev.

Mengenai The NextDev

The NextDev adalah tema untuk Digital Creative Indonesia Competition 2015 yang diselenggarkan operator seluler Telkomsel dalam rangka program tanggung jawab perusahaan mengembangkan ekosistem digital.

Dengan topik Smart City, aplikasi yang diikutsertakan dalam kompetisi harus dikembangkan dari permasalahan kota dan pemecahan solusinya melalui penerapan teknologi, baik berbasis website maupun mobile dengan plaform yang dikuasai, seperti iOS, Android, atau Windows Phone.

Keenam sub-tema untuk pengembangan aplikasi didesain untuk mendukung pemanfaatan teknologi broadband yang dapat digunakan untuk masyarakat luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.