Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo: Balon Google Bagian dari Ambisi Indonesia

Kompas.com - 29/10/2015, 06:59 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Kesepakatan antara Google Project Loon dengan tiga operator utama Indonesia telah dilakukan. Tercakup dalam kesepakatan itu adalah uji coba balon Google di wilayah Indonesia mulai 2016.

Acara penandatanganan nota kesepahaman di Google X, Mountain View, Rabu (28/10/2015), dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani.

"Project Loon ini sebenarnya bagian dari ambisi Indonesia juga," ujar Rudiantara, seperti dilaporkan wartawan KompasTekno, Wicak Hidayat di lokasi acara peresmian kesepakatan Indonesia dan Google.

Ambisi yang dimaksud adalah untuk menghadirkan internet ke seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Sejauh ini, ujar Rudiantara, masih belum terpikirkan bagaimana aspek komersial dari kerjasama ini ke depannya.

"Ini adalah keputusan strategis. Setidaknya, bagi para operator telekomunikasi di Indonesia harus menjadi bagian dari ini, paling tidak mengetahui aspek teknisnya," tuturnya.

Indonesia menjadi negara pertama yang akan mendapatkan uji coba Project Loon dalam skala besar. Sebelumya, uji coba skala kecil pernah dilakukan Google di beberapa negara.

Salah satu faktor yang menarik adalah jumlah penduduk yang belum terhubung dengan internet yang masih cukup banyak, di kisaran 100 juta. Selain itu, dari sisi wilayah, Indonesia juga dianggap cukup menantang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com