Balon Google Sebar Internet dari Sabang sampai Merauke

Kompas.com - 29/10/2015, 11:56 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dari Sabang hingga Merauke, yang ditinggali sekitar 250 juta penduduk.

Dari jumlah ratusan juta jiwa itu, baru sepertiga yang menikmati akses internet. Dua pertiga yang hidup di pulau-pulau terpencil belum bisa menikmati akses komunikasi yang sama.

Untuk itu, Project Loon yang merupakan inisiasi lab rahasia Google X bakal menyambangi Indonesia untuk mengalirkan akses internet di wilayah-wilayah terpencil.

"Loon dapat membantu perusahaan telekomunikasi untuk memperpanjang jaringannya. Dengan jangkauan yang lebih tinggi, kami dapat mengatasi kesulitan penyebaran infrastruktur di sepanjang 17.000 kepulauan yang terdiri atas hutan dan gunung," demikian yang tertulis pada Blog Google, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (29/10/2015).

Untuk tahap awal, pada 2016 mendatang, Project Loon bakal diuji coba di beberapa wilayah terpencil. Project Google Loon dalam bentuk balon terbang akan menjadi base transceiver station (BTS) "melayang" seperti menara BTS pada umumnya. Dengannya, balon itu melayang di udara dan menjangkau daerah yang lebih luas.

Setiap balon di Project Loon akan terbang di ketinggian lebih kurang 20 kilometer dari permukaan laut. Masing-masing memiliki jangkauan radius 40 km. Coba bandingkan jangkauan ini dengan menara telekomunikasi yang hanya sekitar 5 km.

Menurut Project Leader Project Loon di Google X, Mike Cassidy, dibutuhkan ratusan balon Google untuk mencakup seluruh wilayah Indonesia. Indonesia sendiri memiliki wilayah daratan seluas lebih kurang 750.000 meter persegi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama penyebaran balon internet di wilayah Indonesia telah resmi disepakati antara perusahaan induk Google, Alphabet, dan tiga operator utama Indonesia. Pendiri Google, Sergey Brin, meresmikan kesepakatan tersebut pada Rabu (28/10/2015).

Dari Indonesia, Menkominfo Rudiantara bersama Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah, Dirut XL Axiata Dian Siswarini, dan Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli ikut menghadiri acara yang digelar di Mountain View, California, AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.