Balon Google Jangkau 100 Juta Penduduk Indonesia di Pelosok

Kompas.com - 29/10/2015, 12:13 WIB
Balon internet Google Loon. GoogleBalon internet Google Loon.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Mulai tahun 2016, balon internet Google (Project Loon) bakal diuji implementasinya di Indonesia. Hal tersebut telah disepakati resmi oleh perusahaan induk Google, Alphabet, dengan tiga operator utama Indonesia (Telkomsel, Indosat, XL).

Target untuk beberapa tahun ke depan, Loon diharapkan mampu memberi akses jaringan internet berbasis 4G LTE untuk lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang hidup di wilayah-wilayah terpencil.

Dengan begitu, pemerataan akses untuk sektor pendidikan, budaya dan kesempatan ekonomi, dapat diwujudkan di seluruh wilayah Indonesia.

"Internet masih dinikmati segelintir orang, tapi kami akan terus meningkatkan penyebarannya. Jika semua berjalan lancar, jutaan penduduk Indonesia bisa mengembangkan ide, budaya dan bisnisnya secara online," begitu tertera pada blog Google sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (29/10/2015).

Diketahui, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dan 250 juta penduduk. Namun, menurut Google, baru satu dari tiga penduduk dari jumlah itu yang bisa merasakan akses internet.

Alasannya, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari hutan dan pegunungan. Wilayah dengan struktur yang sulit itu menyulitkan infrastruktur jaringan masuk.

Dalam hal ini, Loon bakal memungkinkan infrastruktur jaringan masuk secara efektif dan efisien ke daerah pelosok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X