Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sergey Brin Belum Tahu Nama Baru Google X

Kompas.com - 29/10/2015, 17:05 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Sejak Alphabet didirikan, Google X telah dipisahkan dari Google. Unit yang berisi berbagai eksperimen "moonshot" Google itu kini berdiri sebagai perusahaan tersendiri, dan dipimpin langsung oleh Sergey Brin.

Meski demikian, nama yang digunakan perusahaan itu masih mengandung embel-embel Google. Pendiri Google tersebut pun mengaku belum tahu nama barunya akan menjadi apa.

"Kami tak akan menyebutnya X (saja). Kami masih mencoba-coba memikirkan namanya bakal menjadi apa," ujar Brin di sela-sela peresmian kesepakatan Google Project Loon dengan tiga operator Indonesia di Google X, Mountain View, Rabu (28/10/2015).

Terkait terpisahnya Google X dari Google, Brin mengatakan sejauh ini pengalamannya positif. Karena, ujarnya, Google X kini bisa mengembangkan proyeknya tanpa merisaukan hal-hal seperti sistem operasi yang digunakan atau bagaimana kaitannya dengan bisnis Google.

"Tujuannya (dipisahkan) memang agar (unit yang terpisah ini) tidak saling tersangkut dengan Google," tukasnya.

Google X saat ini memiliki beberapa proyek. Salah satu yang terkenal adalah Project Loon, yang bakal hadir di Indonesia lewat kerja sama dengan Telkomsel, Xl Axiata, dan Indosat.

Selain itu, ada juga driverless car alias mobil tanpa pengemudi yang bisa berjalan otomatis. Sebuah garasi besar di Google X tampak menyimpan cukup banyak unit mobil tersebut.

Di Google X juga terdapat proyek pembangkit listrik menggunakan semacam kincir yang akan diterbangkan dan juga proyek penggunaan pesawat tanpa awak alias drone untuk penyebaran akses internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com