Sergey Brin Belum Tahu Nama Baru Google X

Kompas.com - 29/10/2015, 17:05 WIB
Pendiri Google mengumumkan kesepakatan antara Google dan operator telekomunikasi di Indonesia yang memungkinkan hadirnya balon Google di Indonesia mulai 2016 nanti.
Wicak Hidayat/KOMPAS.comPendiri Google mengumumkan kesepakatan antara Google dan operator telekomunikasi di Indonesia yang memungkinkan hadirnya balon Google di Indonesia mulai 2016 nanti.
|
EditorReza Wahyudi
MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Sejak Alphabet didirikan, Google X telah dipisahkan dari Google. Unit yang berisi berbagai eksperimen "moonshot" Google itu kini berdiri sebagai perusahaan tersendiri, dan dipimpin langsung oleh Sergey Brin.

Meski demikian, nama yang digunakan perusahaan itu masih mengandung embel-embel Google. Pendiri Google tersebut pun mengaku belum tahu nama barunya akan menjadi apa.

"Kami tak akan menyebutnya X (saja). Kami masih mencoba-coba memikirkan namanya bakal menjadi apa," ujar Brin di sela-sela peresmian kesepakatan Google Project Loon dengan tiga operator Indonesia di Google X, Mountain View, Rabu (28/10/2015).

Terkait terpisahnya Google X dari Google, Brin mengatakan sejauh ini pengalamannya positif. Karena, ujarnya, Google X kini bisa mengembangkan proyeknya tanpa merisaukan hal-hal seperti sistem operasi yang digunakan atau bagaimana kaitannya dengan bisnis Google.

"Tujuannya (dipisahkan) memang agar (unit yang terpisah ini) tidak saling tersangkut dengan Google," tukasnya.

Google X saat ini memiliki beberapa proyek. Salah satu yang terkenal adalah Project Loon, yang bakal hadir di Indonesia lewat kerja sama dengan Telkomsel, Xl Axiata, dan Indosat.

Selain itu, ada juga driverless car alias mobil tanpa pengemudi yang bisa berjalan otomatis. Sebuah garasi besar di Google X tampak menyimpan cukup banyak unit mobil tersebut.

Di Google X juga terdapat proyek pembangkit listrik menggunakan semacam kincir yang akan diterbangkan dan juga proyek penggunaan pesawat tanpa awak alias drone untuk penyebaran akses internet.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X