Melihat Mobil Tanpa Sopir Google dari Dekat

Kompas.com - 29/10/2015, 20:53 WIB
Mobil tanpa sopir Google yang diparkir di kantornya di Mountain View, California, AS. Wicak Hidayat/KOMPAS.comMobil tanpa sopir Google yang diparkir di kantornya di Mountain View, California, AS.
|
EditorReza Wahyudi
MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Sebuah mobil tersebut terparkir di kantor Googleplex di Mountain View, California, AS. Sepintas mobil tersebut tak spesial namun ternyata ia adalah driverless car alias bisa beroperasi tanpa perlu dikendalikan.

Wartawan KompasTekno, Wicak Hidayat dalam kunjungan ke markas Google pada Rabu (28/10/2015), sempat mengabadikan dan melongok ke dalam mobil tanpa sopir tersebut.

Secara garis besar, bentuk mobil self-driving Google itu tidak jauh berbeda dari versi pertama yang dikenalkan, dengan dimensi mungil karena hanya mengusung dua tempat duduk, mirip dengan mobil mini Smart Fortwo besutan Mercedes-Benz.

Melongok ke dalam, terlihat bagian dashboard mobil yang tanpa setir. Alih-alih, Google menempatkan semacam rak yang bisa dipakai untuk menaruh berbagai barang.

Wicak Hidayat/KOMPAS.com Mobil tanpa sopir Google.
Pada bagian tengah antar tempat duduk, panel kontrol yang dimiliki terlihat berbeda dari model sebelumnya. Jika di video presentasi Google nampak terdapat satu tombol Start dan satu tombol emergency (bulat merah), maka model panel kontrol ini terlihat lebih kompleks dengan berbagai tombol.

Sensor mobil terletak di bagian atas yang kini terlihat lebih menyatu dan tidak terlalu menonjol.

Dalam video presentasi Google, salah sau pengendara yang mencoba mengatakan bahwa mobil dengan pintar akan melambat sebelum masuk tikungan, lalu kembali berakselerasi setelah membelok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wicak Hidayat/KOMPAS.com Mobil tanpa sopir Google.
Wicak Hidayat/KOMPAS.com Mobil tanpa sopir Google.
Proyek mobil yang bisa berjalan sendiri ini telah dikembangkan selama enam tahun oleh Google dan diuji pertama kali pada tahun ini.

Sebanyak 25 unit purwarupa telah dibangun untuk keperluan uji coba. Sebanyak 75 unit tambahan dijadwalkan bakal menyusul kemudian, juga di tahun ini.

Dengan bantuan software khusus dan data pemetaan Google, mobil-mobil pintar tersebut bisa menyetir sendiri tanpa butuh intervensi manusia, dari mulai berangkat hingga tujuan akhir.
 
Mobil otomatis Google berbentuk membulat -hampir bisa dibilang mirip bemo- dengan kapasitas dua orang. Ia bertenaga listrik dan sanggup menempuh jarak 128 kilometer dalam sekali pengisian. Kecepatan maksimalnya juga dibatasi 40 km per jam oleh Google.

Wicak Hidayat/KOMPAS.com Mobil tanpa sopir Google.
Apabila semuanya berjalan lancar, Google menargetkan mobil otomatisnya sudah bisa tersedia untuk konsumen umum dalam waktu lima tahun ke depan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.