Waspada Xiaomi, Smartphone Rp 200.000 Segera Meluncur

Kompas.com - 30/10/2015, 07:08 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, Xiaomi berhasil menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga murah. Namun, pabrikan China tersebut tampaknya harus mendefinisikan kembali makna "murah" yang selama ini diunggulkan.

Sebab dua perusahaan asal Kanada dan India, DataWind dan RCom tengah berkolaborasi menciptakan smartphone dengan harga 15 dollar AS atau setara Rp 200.000-an.

Ponsel tersebut berjalan dengan basis Linux. Konektivitasnya masih terpaut pada jaringan generasi kedua (2G).

Untuk sementara, ponsel murah tersebut bakal dirilis di India pada 28 Desember 2015, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Rabu (28/10/2015).

Hal tersebut ditujukan agar masyarakat India segera beralih ke smartphone. Sebab, pada kuartal empat 2014, hasil penelitian menemukan bahwa 65 persen penduduk India yang memiliki ponsel masih menggunakan feature phone.

"Fokus terbesar kami adalah layanan network, aplikasi dan konten," kata CEO DataWind Suneet Singh Tulu.

Jika ponsel hasil kolaborasi DataWind dan RCom benar dibanderol sehara Rp 200.000-an, maka ponsel itu adalah smartphone pertama yang dijual dengan harga demikian.

Diketahui, saat ini smartphone murah yang beredar didominasi oleh Xiaomi dan Micromax.

Untuk lini Xiaomi Redmi, rata-rata harga jenis ponsel adalah 150 dollar AS atau sekitar Rp 2 jutaan. Adapun kisaran harga Micromax dipatok 30 dollar AS hingga 150 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.