Apple Ikuti Android, Beli Aplikasi Pakai Pulsa

Kompas.com - 30/10/2015, 08:57 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan segera menerapkan metode carrier billing, yang artinya pengguna bisa membeli aplikasi menggunakan pulsa. Rencananya metode tersebut akan diterapkan mulai November mendatang.

Metode carrier billing seperti itu sebenarnya bukan hal baru. Google lebih dulu menerapkannya pada toko aplikasi mereka, bahkan sudah bisa digunakan di Indonesia.

Sedangkan Apple dan App Store miliknya masih lekat dengan penggunaan kartu kredit untuk membeli aplikasi. Alternatif bagi yang tidak memiliki kartu kredit hanyalah dengan membeli gift card App Store.

Metode carrier billing akan membuat pengguna gadget Apple bisa membeli segala aplikasi, buku dan musik dengan modal nomor telepon serta pulsa yang mencukupi.

Dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (30/10/2015), sementara ini carrier billing tersebut baru bekerja sama dengan O2, operator telekomunikasi milik Telefonica di Jerman. Apple belum mengatakan apa-apa, namun operator tersebut telah mengonfirmasinya.

"Telefonica Jerman bekerjasama dengan Apple untuk menyalakan metode carrier billing. Pengguna sudah bisa membayar Apple Music, iTunes, App Store dan iBook Store menggunakan tagihan bulanan kartu SIM O2," ujar juru bicara operator itu.

"Layanan tersebut akan dirilis ke seluruh pelanggan O2 secara bertahap, baik prabayar atau pascabayar, di Jerman mulai November 2015," imbuhnya.

Jerman kerap digunakan sebagai uji coba pasar untuk fitur-fitur seperti ini. Biasanya jika penerapan di sana berhasil, maka ada kemungkinan fitur serupa akan diterapkan di negara lain.

Carrier billing juga bermafaat membuat layanan Apple bisa digunakan oleh lebih banyak orang. Umumnya, masyarakat negara berkembang jarang menggunakan kartu kredit, bahkan ada juga yang masih belum memiliki rekening bank.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.