Kompas.com - 30/10/2015, 14:18 WIB
Unit kamera dan LED flash di punggung Sony Xperia M4 Aqua Oik Yusuf/ Kompas.comUnit kamera dan LED flash di punggung Sony Xperia M4 Aqua
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah beberapa hari menjadi rumor, Toshiba menyatakan bakal menjual divisi sensor gambar CMOS kepada Sony.

Penjualan divisi tersebut dilakukan demi pemulihan keuangan perusahaan akibat skandal penggelapan dana 1,3 miliar dollar AS selama tujuh tahun.

Tidak disebutkan berapa nilai akuisisi antara Sony dengan Toshiba. Rumor yang berkembang sebelumnya, akuisisi ini bakal membuat Sony menggelontorkan uang sebesar 165 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun.

Jika kesepakatan sudah terjadi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Jumat (30/10/2015), Sony bakal mendapatkan fasilitas pabrik, perlengkapan, beserta karyawan Toshiba yang terletak di Oita, kota yang terletak di bagian selatan Jepang. Jumlah karyawan Toshiba sendiri mencapai 1.100 orang.

Proses transfer di antara kedua perusahaan diharapkan sudah usai pada Maret 2016 mendatang.

Sebelumnya, Sony menyatakan memang bakal membuat sebuah perusahaan spin-off yang ditugaskan untuk mengurusi bisnis sensor gambar.

Dengan bergabungnya divisi sensor gambar Toshiba, lengkap dengan teknologi yang dimilikinya, bisnis sensor gambar milik Sony tentunya akan semakin kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Toshiba, keputusan untuk menjual divisi bisnis tersebut juga dijadikan momen untuk restrukturisasi perusahaan. Toshiba dikatakan bakal lebih fokus ke bisnis memori flash NAND.

Sony sendiri saat ini merupakan salah satu pemain besar di bisnis sensor gambar. Sony memiliki sekitar 40 persen pangsa pasar, sementara itu Toshiba hanya punya 2 persen saja.

Sensor Sony sendiri banyak digunakan oleh smartphone high-end, seperti iPhone, Xiaomi, dan Google Nexus 6P.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.