Samsung Tetap di Atas Apple, Huawei Menukik

Kompas.com - 30/10/2015, 17:50 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung tetap menjadi vendor terbesar dengan angka pengapalan (shipment) tertinggi di dunia, demikian menurut laporan terbaru yang dibuat oleh lembaga riset IDC.

Di sisi lain, vendor asal China Huawei menjadi vendor dengan angka pertumbuhan pengapalan smartphone yang terbesar.

Dilaporkan oleh IDC, seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Jumat (30/10/2015), Samsung mengapalkan 84,5 juta unit smartphone pada kuartal tiga 2015, atau 23,8 persen pangsa pasar.

Jumlah tersebut naik dibanding periode yang sama tahun lalu yang sebesar 79,6 juta unit. Peningkatannya adalah sebesar 6,1 persen.

Sementara itu, Huawei yang di kuartal tiga 2014 mengapalkan 16,5 juta unit smartphone, di kuartal tiga tahun ini meningkat menjadi 26,5 juta unit. Peningkatan pengapalan itu meningkat sebanyak 60,9 persen dari tahun ke tahun.

IDC Data pengapalan smartphone IDC 3Q15
Dari perolehan pangsa pasar, Apple berada di bawah Samsung dengan torehan 13,5 persen, atau 48 juta unit smartphone yang dikapalkan.

Huawei berada di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 7,5 persen. Menyusul kemudian adalah Lenovo (5,3 persen) dan Xiaomi (5,2 persen).

Data yang dirilis IDC adalah data yang diperoleh hingga 28 Oktober 2015.

"Pada kuartal tiga tahun ini vendor-vendor besar konsen ke peranti premium untuk saling mengalahkan dengan fitur dan desain," ujar Anthony Scarsella, Research Manager Mobile Phones di IDC.

"Bagaimanapun, kami masih melihat pertumbuhan di segmen menengah ke bawah terutama di pasar negara berkembang," imbuh Scarsella.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.