APJII Dukung Balon Internet Google dengan Syarat

Kompas.com - 02/11/2015, 10:49 WIB
Balon Google bagian dari proyek Google Loon dipastikan akan terbang ke Indonesia untuk menyebarkan internet di daerah pelosok yang sulit terjangkau infrastruktur operator telekomunikasi. Wicak Hidayat/KOMPAS.comBalon Google bagian dari proyek Google Loon dipastikan akan terbang ke Indonesia untuk menyebarkan internet di daerah pelosok yang sulit terjangkau infrastruktur operator telekomunikasi.
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Penyelengara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mendukung rencana penerapan Prject Loon bersama tiga operator utama Tanah Air. Mereka berharap kerjasama itu bisa diperluas hingga menggandeng penyelenggara jaringan internet lain.

Ketua APJII Jamalul Izza melihat bahwa kendala mayoritas penyedia jasa internet adalah persoalan last mile yang menghubungkan mereka dengan para pelanggan.

Masalah tersebut tercermin pada porsi penyebaran traffick internet, yaitu 70 persen dikuasai oleh tiga operator seluler sedangkan 30 persen sisanya diperebutkan oleh lebih dari 350 operator penyedia jasa internet.

"Tidak terbayang apabila akses penggunaan balon Google ini hanya akan dibatasi pada 3 operator seluler ini. Maka ketiganya akan semakin memperbesar porsi 70 persen tersebut dan makin mempersempit kesempatan hidup 350 operator penyedia jasa internet lainnya," terang Jamalul Izza melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Senin (2/11/2015).

Sebagai catatan, operator seluler sendiri bisa menyelenggarakan jasa akses internet melalui izin penyelenggaraan jasa internet milik mereka.

Dengan alasan tersebut, APJII menghimbau pemerintah agar mau memperluas akses kerjasama dengan Google tersebut. Mereka berharap pemerintah bisa membantu agar seluruh penyelenggara bisa mendapat jalur akses yang setara, tanpa dibedakan.

Pasalnya saat ini mayoritas penyelenggara jasa internet tidak dilibatkan dalam kerjasama balon Google. Juli 2015 lalu pun, asosiasi sudah mencoba datang langsung ke raksasa mesin pencari itu untuk menanyakan perihal balon internet, namun dikatakan tidak tersedia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Project Loon adalah terobosan luar biasa dan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat apabila seluruh Penyelenggara Jasa Internet dapat menggunakannya untuk memberikan akses Internet ke masing-masing pelanggannya. APJII siap menjadi koordinator bagi 350 anggotanya dalam keikutsertaan ujicoba Loon Project," tutup Jamalul Izza.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X