Aplikasi Ini Bantu Sebarkan Penyakit Menular Seksual

Kompas.com - 03/11/2015, 08:04 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Seorang dokter ahli di bidang kesehatan seksual di Inggris mengatakan, aplikasi kencan juga turut andil dalam penyebaran penyakit menular seksual (PMS).

"Seseorang bisa bergonta-ganti pasangan lebih cepat dengan aplikasi kencan, dan semakin cepat berganti psangan, artinya kesempatan terjangkit PMS kian besar," ujar Dr Peter Greenhouse, seperti dikutip KompasTekno dari BBC, Senin (2/11/2015).

Di satu sisi, para pembuat aplikasi kencan mencoba mengatasi hal tersebut dengan menyediakan status STI (sexually transmitted infection) penggunanya, atau mengkampanyekan kegiatan seks yang aman.

Di sisi lain, Dr. Greenhouse tetap bersikukuh bahwa aplikasi tersebut berpotensi bahaya bagi pengguna yang telah memiliki penyakit menular seksual.

"Kalau sering berganti pasangan secara cepat, dan mereka punya penyakit menular seksual, maka jumlah penderita HIV bisa jadi meledak di populasi heteroseksual," demikian terangnya.

Pro-kontra akan pendapat dokter Greenhouse saat ini sedang mengemuka di Inggris. Beberapa pengguna aplikasi kencan menyebut aplikasi itu cukup membantu dalam mencari pasangan.

Pengguna lain juga berpendapat jika seseorang terjangkit PMS dari seseorang yang ditemui dari aplikasi kencan, maka sepenuhnya bukan salah aplikasinya, melainkan ada unsur manusianya juga di situ.

"Kita bisa tertular dari siapa saja, dari seorang yang baru dikenal di kelab malam misalnya, kalau orang memilih cara berhubungan seperti demikian, maka bukan salah aplikasi sepenuhnya," ujar Clover Pitilla (19) dari Bournemouth, Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.