Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Minta Paket 4G Unlimited Tidak Dipakai "Torrent"

Kompas.com - 03/11/2015, 10:10 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartfren baru saja merilis paket internet tanpa fair usage policy (FUP) khusus smartphone Andromax 4G LTE. Paket seperti ini tampak menggiurkan terutama bagi pengguna yang kerap mengunduh data berukuran besar, seperti film full HD.

Tapi, apakah kuota tanpa batas itu bisa dipakai mengunduh data ukuran besar yang diunduh menggunakan aplikasi peer to peer BitTorrent?

Head of Device and Smartphone Smartfren Sukaca Purwokardjono menjawab, kemungkinan pengguna tidak akan bisa melakukan itu. Pasalnya tujuan mereka memberikan kuota internet tanpa batas adalah agar pengguna bisa merasa nyaman menjajal kecepatan 4G LTE.

Sementara itu, dia menambahkan, aplikasi peer to peer seperti itu, apalagi jika pengguna men-download lalu ditinggal tidur, maka akan mengganggu pelanggan lain karena memakan memakan bandwidth.

"Kita harapkan konsumen pakai yang wajar agar kualitas layanan dan konsumen lain gak terganggu. Memang secara teknis batasannya tidak ada, kami cuma menghimbau kepada konsumen," terang Sukaca dalam acara peluncuran 4G LTE Unlimited Smartfren, Senin (3/11/2015).

"Tujuan awal kami memberi unlimited itu supaya pelanggan bisa merasakan true experience 4G LTE. Tapi memang tidak menutup kemungkinan ada yang abuse, jadi setiap hari kami akan monitor pemakaian paket itu," imbuhnya.

Selain memonitor pemakaian pengguna, Head of Prepaid Department Smartfren Ari Abdya menambahkan bahwa pelanggan 4G LTE Unlimited yang dinilai menyalahgunakan paket tersebut bakal mendapat sangsi. Namun dia tidak mendetilkan bentuknya.

"Kami tidak bisa menyebutkan tindakan untuk menanganinya seperti apa karena akan dimonitor dan perlakuannya case by case. Masih mempelajari bagaimana pola penggunaanya," terang Ari.

Pemakaian wajar yang mereka maksud kurang lebih berupa paket internet yang digunakan untuk media sosial, pesan instan seperti WhatsApp, browsing web, tethering selama beberapa jam dan men-dowload aplikasi.

Sukaca menambahkan biasanya penggunaan wajar tersebut di jaringan 4G LTE akan menghabiskan sekitar 4, 5 hingga 6 GB per bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.