Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewlett-Packard Resmi "Terpecah" Dua

Kompas.com - 03/11/2015, 11:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pada Minggu (1/10/2015) pagi waktu Amerika Serikat, atau Senin (2/10/2015) dini hari waktu Indonesia, perusahaan teknologi berbasis di AS, Hewlett Packard resmi menjadi dua perusahaan berbeda.

Hewlett Packard kini menjadi dua perusahaan baru, HP Inc. yang fokus pada bisnis PC dan printer dan Hewlett Packard Enterprise Co. yang fokus pada produk server, data storage, jaringan, dan layanan keamanan.

Rencana pemisahan unit bisnis dalam Hewlett Packard menjadi dua perusahaan terpisah telah diwacanakan oleh CEO Meg Whitman sejak satu tahun lalu, tepatnya 6 Oktober 2014.

Menurut Whitman, sejak rencana itu dibuat, tim transisi dalam HP yang berjumlah sekitar 500 orang telah melakukan lebih dari 300.000 pengujian dalam sistemnya agar bekerja dengan benar, melakukan 75.000 cara baru untuk berinteraksi dengan komputer, serta mengkloning 2.800 aplikasi agar bisa dipakai di kedua perusahaan.

Kini kedua perusahaan ditargetkan bisa mendapatkan pendapatan tahunan sebesar 50 miliar dollar AS dan masuk dalam daftar 500 perusahaan terbuka terbesar di AS.

HP Inc. lebih menjanjikan?

Perpisahan antara keduanya itu ditandai dengan penjualan saham yang berbeda untuk HP Inc. dan Hewlett Packard Enterprise Co. di bursa saham AS pada awal minggu ini.

Secara mengejutkan, dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (3/11/2015), saham perusahaan baru HP Inc. ternyata naik 13 persen, dengan harga saham penutupan 13,83 dollar AS per lembar.

Sementara perusahaan induk sebelumnya yang kini menjadi Hewlett Packard Enterprise Co. sahamnya justru turun hampir 2 persen dengan harga saham penutupan 14,49 dollar AS.

Perhatian kini tertuju pada HP Inc. dengan bisnis printer dan PC pimpinan Dion Weisler yang dianggap mampu mengalahkan saudara tirinya, yaitu Hewlett Packard Enterprise Co. pimpinan Meg Whitman yang fokus pada produk-produk data center dan layanan keamanan.

Performa HP Inc. yang lebih baik di bursa saham itu menurut analis Daniel Ives adalah cerminan dari pandangan para investor yang menganggap bisnis PC dan printer lebih memiliki risiko yang rendah dibanding bisnis server.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com