Kompas.com - 03/11/2015, 16:06 WIB
Ini toko fisik pertama Amazon, Amazon Books AmazonIni toko fisik pertama Amazon, Amazon Books
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Amazon, perusahaan yang besar di dunia e-commerce, mulai melebarkan sayapnya. Tidak hanya berjualan melalui dunia maya, perusahaan yang juga bergerak di bidang cloud ini mulai berjualan dengan cara tradisional, yakni melalui toko fisik.

Toko fisik pertamanya ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (3/11/2015), dibuka di wilayah Seattle, AS. Toko tersebut bakal dinamakan Amazon Books.

Sama seperti namanya, Amazon Books bakal berfokus menjual produk-produk buku. Sekadar informasi, Amazon awalnya memang dikenal sebagai toko online penjual buku, sebelum akhirnya mengembangkan bisnis menjual produk berjenis lainnya, seperti elektronik, gadget, dan mainan.

Amazon punya cara unik untuk memilih buku apa saja yang akan dijual di toko fisiknya ini. Produk-produk tersebut nantinya akan dipilih berdasarkan data melalui Amazon.com, baik itu dari rating konsumen, jumlah penjualan, dan tingginya tingkat popularitas.

Sebagai gambaran, buku-buku yang mendapat rating tinggi bisa saja mendapatkan kesempatan untuk dijual melalui toko tersebut.

Amazon Buku-buku akan dipamerkan dengan plakat berisikan berbagai informasi

Ada sedikit pembeda dari Amazon Books dengan toko buku tradisional. Masih berdasarkan data dari Amazon.com, pihak pengelola akan memasang sebuah papan atau plakat kecil di depan buku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain harga, plakat tersebut nantinya akan berisikan review dan juga rating buku tersebut. Bisa dibilang, plakat tersebut berisikan informasi buku sebelum konsumen memutuskan untuk membeli.

Selain buku, Amazon Books juga akan menjual produk-produk elektronik buatan Amazon sendiri, seperti e-book reader Kindles, Fire TV, dan Fire Tablet. Meskipun begitu, produk elektronik tersebut dikatakan tidak akan mendominasi isi toko.

Toko fisik pertama Amazon ini nantinya akan berlokasi di University Village di Seattle. Ia akan dibuka selama 7 hari penuh dan tutup di hari libur.

Amazon mengungkapkan bahwa Amazon Books akan diletakkan secara permanen di lokasi tersebut alias bukan pop-up store.

Belum diketahui apakah Amazon akan membuka toko fisik di lokasi lain atau tidak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.