Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xperia "Malas" Jualan Android Murah

Kompas.com - 04/11/2015, 17:37 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal Oktober lalu, Kazuo Hirai, CEO Sony, mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan. Ia menyatakan akan mempertimbangkan pilihan lain untuk bisnis smartphone, apabila gagal mencapai keuntungan.

Pernyataan tersebut banyak diartikan sebagai pernyataan resmi Sony untuk mundur dari dunia smartphone, apabila divisi Xperia, nama seri gadget mobile Sony, terus merugi.

Akan tetapi, menurut Jason Smith, Director and Market Head di Sony Mobile Communications Indonesia, penilaian dari berbagai pihak itu tidaklah benar. Smith dengan tegas menyatakan bahwa Sony Mobile akan terus beroperasi dan merilis berbagai produk baru.

"Tidak benar bahwa Sony akan keluar dari bisnis mobile. Itu hanya spekulasi," ujar Smith kepada KompasTekno di sela-sela acara peluncuran Xperia Z5 di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Sony sendiri punya strategi untuk kembali ke jalur "kemenangan" di dunia mobile. Perusahaan asal Jepang ini dikatakan tidak akan lagi merilis perangkat low-end. Menurut Smith, Sony akan berfokus ke pasar perangkat menengah ke atas.

Tentu saja, harapannya agar margin profit yang didapatkan semakin besar. Selain itu, saat ini pasar kelas bawah pun sudah sesak dipenuhi perangkat dari produsen lain. Sehingga sedikit sulit untuk bersaing ke pasar tersebut.

Ponsel premium pun, masih menurut Smith, akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Sony. Pasalnya, mereka bisa dengan gampang memasukkan berbagai fitur papan atas di perangkat itu, tanpa harus memikirkan masalah harga.

"Contohnya, kita bisa memasukkan fitur kamera terbaik dan juga fitur game PlayStation di perangkat premium," katanya.

Saat ini, Sony Mobile tampaknya sudah menjalankan strategi tersebut. Hal tersebut terbukti dari harga perangkat termurah yang dijualnya ada di kisaran harga Rp 1,8 juta.

"Untuk ke depannya, kami akan merilis smartphone premium lain. Tunggu saja," pungkas Smith.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com