Pabrik Lenovo di Banten Produksi 40.000 Ponsel Per Bulan

Kompas.com - 05/11/2015, 14:15 WIB
Peresmian pabrik perakitan ponsel Android Lenovo di Serang, Banten pada Kamis (5/11/2015). Reska Koko/Kompas.comPeresmian pabrik perakitan ponsel Android Lenovo di Serang, Banten pada Kamis (5/11/2015).
|
EditorReza Wahyudi
SERANG, KOMPAS.com — Lenovo telah secara resmi mengoperasikan fasilitas perakitannya di Indonesia. Fasilitas produksi tersebut dikerjakan bersama dengan PT Tri Dharma Kencana (TDK) di Serang, Banten.

Pabrik yang menempati lahan seluas 1.500 meter persegi itu, dijelaskan oleh CEO PT TDK Hendrik L Karosekali, memiliki fasilitas tiga jalur produksi (assembly line) untuk perakitan smartphone 4G Lenovo. Namun, saat ini yang beroperasi baru dua jalur produksi.

Dalam hal kapasitas produksi, Hendrik mengaku saat ini fasilitas produksi Lenovo yang dioperasikan oleh TDK bisa menghasilkan 40.000 hingga 50.000 smartphone dalam satu bulan.

"Untuk awalnya kita produksi 40.000 hingga 50.000, karena ini sesuai dengan permintaan pasar, ke depannya kita akan penuhi target Lenovo yang 75.000 hingga 150.000 per bulan," demikian terang Hendrik kepada KompasTekno, Kamis (5/11/2015) di sela peresmian jalur produksi Lenovo di PT TDK, Serang, Banten.

Sementara untuk jenis smartphone, Hendrik mengakui saat ini ada dua smartphone 4G Lenovo yang sudah diproduksi di Serang, Banten. Pantauan KompasTekno dalam kunjungan ke fasilitas produksi di PT TDK, Lenovo A2010 adalah salah satu smartphone yang dirakit.

Pembangunan pabrik perakitan Lenovo di PT TDK dimulai pada Februari lalu. Hendrik mengaku untuk fasilitas Lenovo ini, TDK menambah jumlah tenaga kerjanya hingga 300-an orang.

Selain Lenovo, TDK mengatakan terbuka bagi vendor siapa saja yang ingin menggandengnya. Bahkan, saat ini Hendrik mengaku TDK sudah didekati oleh dua perusahaan smartphone global besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.