INDUSTRI KREATIF

Baidu Buka Peluang Promosi bagi Developer Lokal

Kompas.com - 05/11/2015, 20:03 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.comIndustri kreatif digital Indonesia merupakan lahan baru yang sedang berkembang maju. Oleh karena itu, membutuhkan wadah promosi yang lebih besar untuk mengembangkan karya-karyanya.

Hal itu dikatakan oleh Tang Cai Lin, Director of Baidu International Department, di acara Mobile Scale-Up Conference Jakarta 2015, Kamis (5/10/2015). Pada ajang itu pula diluncurkan pada peluncuran DU Ad Platform (DAP) oleh Baidu Indonesia.

"DAP sendiri merupakan advertising platform bagi pengembang aplikasi dan game Indonesia. Promosi dilakukan dengan sistem native advertising, misal memberikan rekomendasi pada aplikasi sehingga mengurangi gangguan bagi pengguna saat pakai aplikasi atau main game," ujar Tang.

Tang Cai Lin melanjutkan, DAP menawarkan jangkauan luas serta tingkat efisiensi dan efektivitas monetisasi tinggi melalui produk mereka. Selain itu, DAP sangat mudah diintegrasikan ke dalam aplikasi karena ukurannya kecil dan tim lokal yang siap membantu.

"Pengembang akan bertindak sebagai penerbit iklan. Sementara itu, Baidu menjadi penyalur iklan untuk ditampilkan pada aplikasi yang telah dilengkapi dengan kode DAP," ujar Tang.

Cara kerja DAP terbagi tiga, yaitu direct costumer, bekerja sama dengan Facebook, dan affiliate partner. Nantinya, pengembang akan mendapatkan 70 persen dari keuntungan.

Sebelumnya, Baidu telah menerapkan cara ini pada aplikasi mereka, seperti DU Speed Booster dan DU Battery Saver. Aplikasi tersebut memiliki 700 juta pengguna di seluruh dunia sampai hari ini.

DAP merupakan rangkaian dari program 'Grow Local, Go Global!' Baidu Indonesia yang telah diluncurkan pada September lalu. Program ini bertujuan mengembangkan start-up dan para pengembang aplikasi di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.