Dibilang Mirip, Iklan HTC Justru Sindir iPhone

Kompas.com - 06/11/2015, 09:32 WIB
HTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus The VergeHTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Dikabarkan sedang mengalami kesulitan bisnis, HTC masih sempat membuat iklan yang menyindir Apple. Iklan pertama untuk One A9 Android Marshmallow tersebut dibuat dengan konsep serupa iklan Macintosh pada 1984.

Kedua iklan sama-sama dibuka dengan memperlihatkan barisan manusia berbusana abu-abu yang gerak-geriknya seperti robot. Kaku, monoton dan seragam.

Dilansir KompasTekno, Jumat (6/11/2015) dari TheVerge, penggambaran itu disinyalir mencerminkan citra iPhone yang desainnya "begitu-begitu saja", tapi tetap diidamkan oleh orang-orang yang selalu ingin sama.

Sementara itu, One A9 digambarkan lewat seorang pria yang melakukan aksi parkour. Pria tersebut menggunakan pakaian santai sembari memanjat dinding untuk kemudian masuk ke sebuah ruang perjamuan.

Di ruangan itu, kembali tampak "keseragaman yang kaku" khas Apple. Sejumlah manekin bernuansa putih duduk di meja panjang untuk menyantap hidangan.

Di antara hidangan tersebut, ada tumpukan keramik berbentuk apel. Sang pria kemudian berlari di atas meja dan menendang tumpukan apel tersebut. Entah apa maksud aksi tersebut. 

Yang jelas, keseluruhan tindakan sang pria menyatakan sikap berani tampil beda yang seakan-akan mendefinisikan HTC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usai menendang apel, sang pria kemudian berlari menuju alam bebas. Ia dan beberapa orang lainnya terlihat bahagia dan berekspresi sesuka hati. Dalam hal ini, HTC berupaya mengklaim diri sebagai merek yang selalu menghadirkan inovasi, perbedaan dan kesegaran dalam produk-produknya.

Padahal, One A9 digadang-gadang sebagai ponsel kloning iPhone yang paling mirip. Maka, klaim "tampil beda" HTC bisa dibilang sebagai paradoks.

Menurut TheVerge, iklan tersebut sesungguhnya merupakan strategi HTC agar kembali ramai dibicarakan publik. Walaupun, respon publik bisa ramai dalam dua bentuk, positif atau negatif.

Berikut video iklan One A9 yang dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.