Chipset Racikan Google Ingin Bubarkan Keramaian Android

Kompas.com - 06/11/2015, 10:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google ingin terjun ke pasar hardware lebih serius. Setelah membuat ponsel Nexus, laptop Chromebook, perangkat hiburan Chromecast, dan laptop Pixel C yang akan datang, Google kini berniat membuat chipset untuk smartphone Android.

Dikutip KompasTekno dari The Information, Jumat (6/11/2015), Google dilaporkan telah berbicara dengan vendor-vendor pembuat mikroprosesor untuk membuat chipset sesuai dengan permintaan dan desain dari Google sendiri.

Dengan membuat chipset Android sesuai rancangannya, Google berharap sistem operasi Android bisa lebih bersaing dengan Apple iOS di segmen ponsel high-end danmengatasi masalah-masalah terkait Android.

Selain itu, chipset Google ini diharapkan "membubarkan" keramaian perangkat-perangkat berbasis Android. Keramaian tersebut adalah beragamnya chipset, chip jaringan, kamera, dan sensor lainnya yang dibenamkan vendor di perangkatnya masing-masing.

Chipset Google bercita-cita menyeragamkan "jeroan" perangkat berbasis Android tersebut.

Dalam diskusi yang baru-baru ini dilakukan itu, perwakilan Google mengajukan desain chip yang ingin dikembangkan bersama, termasuk di dalamnya adalah prosesor ponsel.

Menurut sumber yang ikut dalam pertemuan tersebut, chipset rancangan Google itu akan memungkinkan berbagai fitur baru bisa berjalan di ponsel Android, seperti virtual reality atau augmented reality.

Google berharap fitur-fitur baru itu bisa diimplementasikan dalam beberapa tahun ke depan.

Selain mencari vendor pembuat chipset yang mau diajak bekerja sama, Google kemungkinan juga akan mengajak vendor smartphone untuk menggunakan chipset buatannya, seperti Samsung.

Chipset buatan Google tersebut juga kemungkinannya bisa dibuat sebagai "chipset terbuka" dimana rekanan nantinya bisa menambahkan chipset mereka sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.