Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chipset Racikan Google Ingin Bubarkan Keramaian Android

Kompas.com - 06/11/2015, 10:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google ingin terjun ke pasar hardware lebih serius. Setelah membuat ponsel Nexus, laptop Chromebook, perangkat hiburan Chromecast, dan laptop Pixel C yang akan datang, Google kini berniat membuat chipset untuk smartphone Android.

Dikutip KompasTekno dari The Information, Jumat (6/11/2015), Google dilaporkan telah berbicara dengan vendor-vendor pembuat mikroprosesor untuk membuat chipset sesuai dengan permintaan dan desain dari Google sendiri.

Dengan membuat chipset Android sesuai rancangannya, Google berharap sistem operasi Android bisa lebih bersaing dengan Apple iOS di segmen ponsel high-end danmengatasi masalah-masalah terkait Android.

Selain itu, chipset Google ini diharapkan "membubarkan" keramaian perangkat-perangkat berbasis Android. Keramaian tersebut adalah beragamnya chipset, chip jaringan, kamera, dan sensor lainnya yang dibenamkan vendor di perangkatnya masing-masing.

Chipset Google bercita-cita menyeragamkan "jeroan" perangkat berbasis Android tersebut.

Dalam diskusi yang baru-baru ini dilakukan itu, perwakilan Google mengajukan desain chip yang ingin dikembangkan bersama, termasuk di dalamnya adalah prosesor ponsel.

Menurut sumber yang ikut dalam pertemuan tersebut, chipset rancangan Google itu akan memungkinkan berbagai fitur baru bisa berjalan di ponsel Android, seperti virtual reality atau augmented reality.

Google berharap fitur-fitur baru itu bisa diimplementasikan dalam beberapa tahun ke depan.

Selain mencari vendor pembuat chipset yang mau diajak bekerja sama, Google kemungkinan juga akan mengajak vendor smartphone untuk menggunakan chipset buatannya, seperti Samsung.

Chipset buatan Google tersebut juga kemungkinannya bisa dibuat sebagai "chipset terbuka" dimana rekanan nantinya bisa menambahkan chipset mereka sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com