Semua Video YouTube Bisa Ditonton Pakai "Cardboard"

Kompas.com - 06/11/2015, 14:05 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google melakukan sebuah perubahan besar pada aplikasi YouTube di sistem operasi Android. Seluruh video yang ada di dalamnya kini bisa ditonton menggunakan headset virtual reality (VR) Cardboard.

Sementara ini perubahan tersebut baru diterapkan di Android saja, namun raksasa mesin pencari itu berjanji akan segera mengirimkan pembaruan serupa untuk aplikasi YouTube di iOS.

Dilansir dari KompasTekno dari Mashable, Jumat (6/11/2015), bila memakai Cardboard untuk menonton video biasa, pengguna mungkin akan merasakan pengalaman baru seolah sedang berada di bioskop.

Tentu saja pengalaman tersebut tidak akan sama bila dibandingkan dengan pengalaman menyaksikan video 360 derajat atau yang khusus dirancang untuk VR.

Namun sementara waktu, pengguna mesti puas dulu dengan pembaruan ini. Terutama mengingat jumlah video VR di YouTube pun cenderung masih sedikit.

Bila ingin mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup mengunjungi video yang diinginkan dan memilih menu Cardboard yang ada di sana.

Google beberapa waktu lalu telah meluncurkan platform Jump, yaitu seperangkat kamera GoPro yang dapat dipakai untuk menciptakan video VR. Kemunculan perangkat ini kemungkinan akan mendorong kelahiran berbagai video VR yang diunggah ke YouTube.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.