Kompas.com - 07/11/2015, 15:16 WIB
Tizen TizenTalk.comTizen
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tizen, sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Samsung, kini menjadi sistem operasi terpopuler ke-4 di dunia mengalahkan BlackBerry OS.

Hal tersebut diungkap oleh hasil riset pangsa pasar sistem operasi mobile kuartal tiga 2015 yang dilakukan oleh lembaga Strategy Analytics, dan dirilis pada Kamis (5/11/2015) lalu.

Tizen yang digadang Samsung sebagai pengganti Android ini banyak digunakan di lini Smart TV Samsung, jam tangan pintar Gear S2, dan beberapa ponsel murah Samsung yang dipasarkan di negara-negara berkembang.

Perangkat berbasis Tizen, yang kalah terkenal dibanding Android, tercatat lebih laku dibandingkan dengan ponsel-ponsel dengan sistem operasi BlackBerry.

Belakangan, BlackBerry memperkenalkan smartphone baru dengan sistem operasi Android dan keyboard fisik, yaitu BlackBerry Priv yang digadang-gadang sebagai ponsel yang aman.

Priv menandai perpindahan BlackBerry ke pasar Android. Walau kemungkinan strategi tersebut bisa membuat BlackBerry bernafas lebih lama lagi, namun belum tentu sama dengan sistem operasinya.

Selain BlackBerry, sistem operasi mobile buatan Microsoft (Windows Phone), dan Firefox OS juga dilaporkan oleh Strategy Analytics mengalami penurunan pangsa pasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengunduh data riset terbaru Strategy Analytics, kunjungi tautan berikut ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.