Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Prosesor untuk Gelang Pintar

Kompas.com - 08/11/2015, 08:49 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Divisi semikonduktor Samsung mengumumkan telah berhasil membuat sebuah prosesor khusus untuk gelang pintar. Piranti keras tersebut memberinya kemampuan untuk membaca detak jantung hingga menjalankan aplikasi.

Samsung secara khusus berinvestasi dalam pengembangan alat pemantau electrocardiogram (ECG) yang dapat digunakan untuk memantau kesehatan serta mengidentifikasi pola detak jantung. Salah satu kegunaan identifikasi pola detak jantung itu berguna untuk membuat kunci pengaman data.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (7/11/2015), ada kemungkinan Samsung mengembangkan ECG tersebut menjadi sebuah alat otomatisasi berbasis biometrik.

Artinya pengguna gelang bisa otomatis masuk ke smartphone atau komputer miliknya tanpa harus mengetik password. Cukup dengan memakai gelang.

ECG juga akan sangat berguna bagi para pegiat olahraga, misalnya untuk mengukur detak jantung, kecepatan nafas, hingga tingkat stress. Bahkan dengan menyematkan teknologi tambahan, prosesor ini bisa dipakai untuk memprediksi penyakit seseorang.

Saat ini, Samsung merakit prosesor itu dengan teknologi pemrosesan 45 nanometer. Namun mereka sudah menyiapkan rencana untuk membuatnya menjadi lebih kecil lagi menggunakan teknologi pemrosesan 20 nanometer.

Selain disematkan dalam gelang cerdas, raksasa elektronik Korea Selatan itu juga membayangkan untuk mengaplikasikan teknologi biometrik tersebut dalam smartphone serta tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com